Urutan Merek Hp Berdasarkan Kualitas

Setiap tahunnya, berbagai jenis Hp dari berbagai merek membanjiri pasar Hp Indonesia. Entah itu, datang secara legal maupun ilegal. Dari sisi pengguna, kompetisi pasar tersebut memberikan banyak keuntungan. Salah satunya, pengguna menjadi lebih mudah mendapatkan berbagai merek Hp berkualitas.

Tapi, yang jadi pertanyaan, “Apakah kamu bisa mengurutkan merek HP tersebut berdasarkan kualitasnya? Biar nggak salah pilih Hp gitu?”.

Dengan mengetahui urutan merek Hp akan mempermudah kamu dalam memilih sebuah Hp. Kami akan membantu kamu dalam hal mengurutkan merek Hp berdasarkan kualitas. Terdapat 7 rekomendasi merek Hp yang memiliki kualitas bagus. Namun pertama-tama kamu harus memahami cara menggolongkan Hp berdasarkan kualitas.

Mulai penasaran? Yuk simak lebih lanjut.

Ciri-ciri Hp Berkualitas

1. Usia Hp

Normalnya sebuah alat elektronik memiliki sebuah usia sekitar 3 – 4 tahun. Setelahnya akan mengalami penurunan performa entah baterai atau kinerja chipset.

Informasi ini bisa kamu gunakan untuk memilah merek Hp yang berkualitas. Kamu bisa melihat produk terdahulu dari merek tersebut apakah setelah 4-5 tahun rilis masih di cari oleh pengguna lainnya. Entah masih berproduksi atau bekas. Jika masih berarti merek tersebut patut dipertimbangkan.

2. Material

Material Hp (kredit gambar: Kanal Youtube JerryRigEverything)
Material Hp (kredit gambar: Kanal Youtube JerryRigEverything)

Sebuah Hp biasanya dibuat dengan berbagai jenis material. Mungkin dari plastik, polykarbonat, aluminium, maupun kaca. Semakin tinggi kualitas material yang dipakai maka semakin bagus kualitas Hp tersebut. Untuk material terendah adalah plastik dan material tertinggi ada kaca.

Hp yang menggunakan plastik memiliki bobot ringan, rentan panas dan terkesan “murahan”. Kemudian untuk material kaca biasanya terkesan lebih elegan namun mudah pecah.

3. Performa

Sebuah performa Hp pasti ditunjang dengan hardware yang bagus. Ada 3 komponen di dalam Hp yang perlu kamu perhatikan yaitu Chipset, RAM (Random Access Memory), ROM (Read-Only Memory) / ruang penyimpanan.

  • Chipset selaku otak untuk mengoperasikan sebuah aplikasi.
  • RAM mempunyai tugas menyimpan data perintah sementara. Contoh jika kamu buka dua aplikasi bersamaan dan ingin pindah aplikasi. Aplikasi sebelumnya akan terbuka otomatis tanpa memuat ulang dari awal.
  • ROM sendiri untuk menyimpan data secara permanen. Bisa berupa foto, video, audio atau berkas tetap sebuah aplikasi yang terpasang.

4. Konektivitas

Konektivitas akan berhubungan dengan kekuatan menangkap sinyal. Saat ini teknologi jaringan sudah mencapai ranah 5G. Di Indonesia sendiri ditahun 2021 persebaran 5G masih belum merata. Hp tergolong berkualitas saat ini jika sudah bisa menangkap sinyal 4G/5G.

5. Harga

Bila menyinggung tentang harga akan sedikit rumit.

“Ada harga ada rupa”.

Mungkin kamu pernah mendengar istilah tersebut. Hal itu juga berlaku juga dalam menentukan sebuah Hp berkualitas atau tidak. Semakin tinggi harga semakin bagus kualitas.

Namun, harga tinggi tidak selalu mendapat kualitas yang sepadan.

Jadi, pastikan kamu membandingkan 4 faktor sebelumnya dengan merek lain. Jika ada yang lebih murah maka berarti merek tersebut overprice.

Sudah paham? Tarik nafas dulu baru lanjut baca.

7 Merk Hp Terbaik Berdasarkan Kualitas

1. Apple

Peluncuran iPhone 13
Peluncuran iPhone 13

Kalau sudah membahas produk Hp milik Apple sebenarnya sudah tidak diragukan lagi. Sudah lebih dari 1 dekade, Apple menjadi contoh banyak Hp merek lainnya. Bahkan banyak reviewer yang selalu membandingkan Hp Apple (iPhone) dengan merek lainnya. Namun kebanyakan berakhir dengan Apple sebagai pemenangnya.

Terus kenapa Hp Apple menjadi unggulan?

Ada 4 hal yang membuat Hp Apple bisa lebih unggul dibanding yang lainnya.

  • Material yang digunakan memiliki ciri khas dan elegan. Contohnya iPhone 11 menggunakan material aluminium dan kaca. Desain trendy dan mudah ditebak kalau itu produk Apple.
  • iPhone 7+ merupakan salah satu produk Apple ditahun 2016 tapi saat ini masih banyak peminatnya.
  • Jangan ditanya performa, Chipset Bionic besutan Apple bisa diadu dengan chipset yang dipakai merek Hp lain.
  • Masalah jaringan tentu sudah mengikuti teknologi yang ada.

Namun layaknya sebuah elektronik. Hp Apple juga memiliki kelemahan. Berikut 3 kelemahan dari Hp Apple.

  • Harganya sedikit mahal karena nilai merek dan spesifikasi yang diberikan.
  • Penyimpanan eksternal pada Hp Apple tidak diizinkan.
  • Kapasitas baterai lebih kecil.

2. Samsung

Presentasi Samsung S21 Ultra
Presentasi Samsung S21 Ultra

Merek Samsung mungkin sudah tidak asing ditelinga kamu. Lee Kun-Hee, Anak ketiga dari Lee Byung-Chull sebagai pendiri Samsung yang berasal dari Korea Selatan. Pada tahun 2000-an Samsung menciptakan produk smartphone yang menggemparkan dunia.

Kamu tahu produk itu? Iya, Samsung Galaxy S.

Kemudian setelah produk tersebut, Samsung mulai memproduksi perangkat lainnya seperti tablet Galaxy Tab. Sampai saat ini ada tiga segmentasi di Samsung, yaitu:

  • Flagship: Samsung Galaxy S21 Ultra
  • Midrange: Samsung Galaxy M52 5G
  • Entry level: Samsung Galaxy A12

Samsung terkenal dengan kualitas Hp yang bagus. Pada dasarnya, Samsung memiliki desain yang elegan, konektivitas terbaru, performa yang tidak ketinggalan. Jika dibandingkan dengan merek lain selain Apple, Samsung dapat mengunggulinya. Menurut kami yang menjadikan Samsung kalah dengan Apple adalah bagian performa dan desain produk.

Oh ya, service center Samsung juga luas di Indonesia. Jadi kamu bisa tenang jika ada kendala. Dan ini menjadi poin plus untuk Samsung.

Oke, selanjutnya kita bahas mengenai kelebihan dan kekurangan Hp merek Samsung.

KelebihanKekurangan
Klasifikasi kelas perangkat yang mudah diingat. Pada seri M dan A merupakan produk Entry dan Mid level Samsung, dan Seri S untuk High End-nya.Harga yang diberikan cukup mahal bila dibandingkan dengan pesaing yang lain dengan spesifikasi yang sama.
Desain yang elegan dan kekinian.Pada seri M dan A walaupun desain elegan namun kebanyakan masih menggunakan material plastik.
OS yang Stabil (One UI). 
Harga jual second tidak terlalu jatuh. 
Jaringan service dan purna jual paling luas di Indonesia. 

3. Huawei

Pengenalan produk Huawei P50 Pro
Pengenalan produk Huawei P50 Pro

Merek Hp Huawei akhir-akhir ini menjadi topik perbincangan. Bukan hanya mengalami masalah dengan Google namun kualitas produk Hp-nya mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan menggandeng produsen kamera (Leica) untuk bekerja sama. Kemudian telah membuka sistem operasi khusus untuk Huawei yaitu HarmonyOS. OS ini mempunyai tujuan untuk membuat sebuah ekosistem lintas perangkat.

Apakah HarmonyOS itu sama seperti Android di Hp lain?

Jawabannya hampir betul namun HarmonyOS lebih menggunakan kode Android yang open source saja. Untuk layanan Google seperti Gmail, Google Play, Youtube dan lainnya tidak bisa dipasang. Jika kamu ingin menggunakan layanan Google harus memasang aplikasi sendiri dengan metode khusus.

Kami menempatkan Huawei diposisi ketiga karena beberapa sebab.

  • Secara performa masih kurang jika dibandingkan Apple maupun Samsung.
  • Mempunyai ekosistem yang kuat dengan perangkat selain Hp seperti laptop, tablet, SmartWatch dan lainnya.
  • Ketahanan Hp Huawei dikatakan bisa dipakai lebih dari 5 tahun.
  • Mempunyai inovasi unik di material dan desain. Dan jika dibandingkan dengan Xiaomi, Oppo, Vivo maupun Realme. Huawei masih menang banyak.

Apakah kamu penasaran dengan kelebihan dan kekurangan Hp Huawei? Jika iya, yuk lanjut baca.

KelebihanKekurangan
Mempunyai kamera yang canggih.Target pasar masih kalangan middle dan high end.
Durabilitas tinggi.Branding masih kurang kuat karena masih bermasalah dengan Google.
Terdapat ekosistem yang kuat.Cepat mengalami penurunan harga.
Memiliki custom OS sendiri. 

4. Xiaomi

Gedung Xiaomi

Xiaomi, Hp sejuta umat di Indonesia. Julukan tersebut didapatkan karena kualitas dan harga Xiaomi sangat kompetitif di kelas menengah ke bawah. Ambil contoh saja produk Xiaomi yaitu Poco F2 Pro. Produk ini mampu bersaing dengan Huawei p30 pro secara performa.

Cukup gila bukan? Kami pun juga terkejut dengan hasil pengetesan kedua produk tersebut.

Secara performa Xiaomi mampu bersaing tipis dengan Huawei. Namun yang menjadikan Xiaomi diperingkat ketiga karena Usia Hp.

“Peminatnya banyak, performa oke tapi Hype-nya saat produk tersebut keluar saja”.

Untuk produk ditahun 2017 seperti Redmi 5A. Hp tersebut sudah jarang dicari karena selain harga produk jatuh. Hp ini juga di mendang-mendingin dengan produk serupa seperti Redmi 6A yang keluar ditahun 2018.

Kamu tertarik dengan produk Xiaomi? Mari kenali dulu kelebihan dan kekurangannya.

KelebihanKekurangan
Sudah pasti harga murah dan kompetitif di pasar menengah ke bawah.Harga murah tentu saja ada yang perlu dikorbankan. Di beberapa tipe Xiaomi masih terdapat iklan yang muncul.
Mi Fans dan Dukungan Komunitas yang kuat.Hp Xiaomi kamu sudah dari 2017-an? Mungkin jangan terlalu berharap dengan pembaharuan Android-nya.
Tampilan UI cakep.Flash Sale dan Hype yang berpengaruh pada Harga jual di kemudian hari.

5. Oppo

Launching event Oppo
Launching event Oppo

Melansir dari laman web GlobalStat, Oppo menduduki peringkat kedua (21,97%) total market share di Indonesia. Memang cukup besar permintaan produk Oppo di Indonesia. Kebanyakan pengguna Oppo adalah kaum hawa.

Sebagai salah satu merek ternama, Oppo ternyata cukup rajin dalam mengeluarkan sebuah Hp. Dalam setahun setidaknya ada 7 seri HP Oppo yang keluar. Entah dikelas entry level, mid level, atau high end.

Kondisi Oppo sebenarnya hampir sama seperti Xiaomi. Mempunyai performa oke dan harga sangat kompetitif. Namun sayangnya, usia Hp Oppo lebih cepat dibanding Xiaomi. Hal ini bisa kamu lihat dengan seringnya Hp Oppo mengeluarkan sebuah produk. Otomatis membuat produk sebelumnya walau belum sampai 3 tahun sudah jarang yang mencari.

Hal inilah mengapa kami menempatkan posisi Oppo di bawah Xiaomi. Tapi tidak ada salahnya melihat kelebihan dan kekurangannya. Siapa tahu kamu tertarik dengan salah satu produknya.

KelebihanKekurangan
Mempunyai kamera depan yang bagus.Harga jual Hp Oppo second turun drastis.
Selalu menanggapi permintaan pasar.Build Quality Hp Oppo kurang bagus.
Teknologi pengisian VOOC Flash Charge.ColorOS dengan segala fiturnya malah kadang bikin berat.
Desain yang kekinian.Jarang berikan pembaharuan OS.

6. Vivo

Launching event Vivo V17 Pro
Launching event Vivo V17 Pro

Your Inspiration of Perfect Selfie”.

Mungkin kamu tidak asing dengan iklan tersebut yang dibintangi artis Afgan. Dengan mengandalkan kamera, Vivo berhasil menggait hati para pengguna Hp di Indonesia. Hasil yang diperoleh juga tidak buruk. Berikut contoh foto hasil jepretan Vivo V17 Pro.

Contoh foto Hp Vivo V17 Pro HDR off
Contoh foto Hp Vivo V17 Pro HDR off

Jika dibandingkan dengan kamera Leica milik Huawei. Menurut kami, lebih bagus kamera milik Huawei daripada Vivo. Kamera Vivo lebih ke penghalusan foto/video melalui software. Hasilnya jadi kelihatan tidak natural. Maka dari itu banyak pengguna Vivo lebih senang untuk selfie karena bisa menghasilkan foto dengan kulit yang optimal.

Setuju nggak kamu mengenai ini? Silakan tulis dikomentar.

Secara performa dan material desain masih kurang dibanding Oppo maupun Xiaomi. Vivo menang dalam hal harga dan kemampuan kamera. Maka dari itu kami menempatkan Vivo pada posisi keenam.

KelebihanKekurangan
Terdapat fitur Dual Engine Fast Charging.Masih fokus ke Hp kelas menengah.
Unggul dalam sektor kamera.Penurunan harga yang cepat.
Desain trendy.Marketing yang berlebihan.

7. Realme

Peluncuran produk Realme X2 Pro
Peluncuran produk Realme X2 Pro

Mungkin dari kamu ada yang masih asing dengan merek Realme. Merek besutan Sky Li ini awalnya bergabung dengan Oppo ditahun 2010 dengan nama Oppo Real. Pada 4 Mei 2018, Realme akhirnya berpisah dengan Oppo dengan mengganti nama Oppo Real menjadi Realme.

Oke mungkin cukup dengan sejarah singkatnya. Langsung masuk ke pokok pembahasan. Kenapa Realme ditempatkan di posisi ketujuh?

Posisi ketujuh bukan berarti yang paling buruk. Realme baru memulai produksi Hp sendiri mulai tahun 2018. Hasil produknya cukup memuaskan bila diuji performanya.

Secara performa, Hp Realme ini dapat menyaingi produk Xiaomi. Cuman material yang dipakai merek ini masih nanggung. Jika dibandingkan dengan Oppo, produk Realme masih kurang. Kemudian karena hitungannya masih pendatang baru. Produk lama dan barunya masih kurang banyak yang tahu.

KelebihanKekurangan
Punya ROM yang kaya akan fiturnya.Desain produk yang monoton.
Berani menyuguhkan refresh rate tinggi dengan harga murah.Produk masih seputar untuk kelas menengah ke bawah.
Performa yang tinggi.Material produk yang masih nanggung.

Kesimpulan

Akhirnya sampai di bagian kesimpulan. Setelah membaca ketujuh merek di atas sudah pasti merek Hp yang memiliki kualitas terbaik adalah Apple.

Namun, jika ada yang bertanya merek Hp berkualitas dan worth it untuk dibeli itu yang mana? Apakah tetap Apple? No, Apple tentu berkualitas bagus tapi hitungannya masih overprice.

Kami lebih menyarankan Huawei. Secara kualitas oke, desain oke, harga yang dipatok juga masuk akal. Cuman ya minusnya tidak bisa menggunakan layanan Google. Sebenarnya bisa namun perlu metode khusus biar bisa memasang layanan Google di Hp Huawei.

Previous Article

Cara Download Foto Instagram

Next Article

Cara Mengubah Ukuran Foto di Hp

Tinggalkan komentar