7 Tips Membeli Hp Baru Berkualitas dengan Cepat dan Tepat

Smartphone atau biasa disebut dengan Hp menjadi hal yang sangat penting saat ini. Pasalnya, kamu bisa berkomunikasi, bermain game bahkan mencari informasi penting hanya bermodalkan Hp. Maka, tidak heran jika keinginan untuk membeli Hp akan selalu ada. Apalagi sekarang sudah banyak merek yang tersebar dengan berbagai model. Jadi, kamu mungkin akan bingung saat memilih Hp apa yang ingin di beli.

Ada beberapa tips umum untuk membeli Hp baru. Kamu perlu melihat spesifikasi, harga, desain, kualitas dan faktor lainnya. Hal ini memang bagian penting dalam memilih sebuah Hp baru. Tapi, kamu yang awam akan muncul pertanyaan seperti ini.

“Bagaimana cara memilih Hp yang tepat sesuai kebutuhan dan lifestyle?”. Coba tanyakan pada dirimu, apakah kamu bisa menjawab pertanyaan tersebut? Jika tidak, maka kamu perlu sebuah alur yang pas untuk memilih Hp baru yang tepat untukmu.

Kami sudah menyiapkan 7 tips membeli Hp baru yang cocok buat pemula. Kemudian kami juga memberikan bonus studi kasus cara membeli Hp baru berkualitas.

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

Tujuan membeli Hp

Tujuan Membeli Hp Baru

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum membeli Hp adalah tujuan membeli Hp. Hal ini menjadi penting karena dapat memiliki batasan dalam memilih Hp yang tepat. Kamu seharusnya pernah mendengar/membaca petuah seperti ini, “Hp bagus belum tentu sesuai kebutuhan”. Begitulah kira-kira pentingnya memiliki sebuah tujuan membeli Hp baru.

Ada 3 pertanyaan yang bisa membantu kamu membuat tujuan membeli Hp, diantaranya:

  • Apa kegiatan kamu saat ini dan sekiranya 2 tahun ke depan?
  • Aplikasi apa saja yang ingin kamu gunakan saat ini dan sekiranya 2 tahun ke depan?
  • Lebih menginginkan penampilan Hp bagus atau performa?

Apabila kamu bisa menjawab ketiga pertanyaan tersebut maka setidaknya kamu sudah memiliki bayangan. Kemudian kamu siap untuk lanjut ke tips berikutnya tentang penyesuaian budget yang tepat.

Budget yang dimiliki

Manajemen Budget

Setelah kamu memiliki bayangan tujuan untuk membeli Hp seperti apa. Maka, hal kedua yang harus kamu lakukan adalah mengecek keuangan yang kamu miliki. Keuangan ini bisa berasal dari tabungan kamu sendiri, pemberian uang dari orang tua/orang lain. Kemudian kamu juga harus mengetahui segmentasi harga Hp saat ini. Ada 4 segmentasi harga Hp saat ini.

  • Ultra low end berkisar harga di bawah Rp1,5 juta.
  • Low end berkisar harga Rp1,5 juta sampai Rp2,9 juta.
  • Midrange berkisar harga Rp3 juta sampai Rp8,4 juta.
  • High end berkisar lebih dari Rp8,5 juta.

Dengan menggunakan pedoman di atas, kamu tidak akan terpaku pada satu jenis harga tertentu. Sebagai contoh, kamu mempunyai budget Rp2,8 juta untuk membeli Hp baru dengan baterai besar. Maka, harga Hp di bawahnya sampai Rp1,5 juta bisa kamu pertimbangkan karena di kategori low end. Terkadang, Hp yang disegmentasi yang sama bisa mendapatkan harga lebih murah untuk fitur tertentu.

Sebagai contoh, kelebihan dan kekurangan Samsung A12. Hp ini dibanderol dengan harga Rp2,299,000 dengan kelebihan baterai 5000 mAh fast charging 15W. Kemudian telah dibekali dengan quad camera 48 MP.

Lihat ulasan gadget reviewer

Ulasan Reviewer Hp

Reviewer atau pengulas gadget biasanya memiliki sudut pandang tentang Hp lebih luas. Kamu bisa menjadikan informasi dari reviewer sebagai salah satu landasan memilih sebuah Hp baru. Biasanya, reviewer Hp akan memberikan informasi tentang kelebihan dan kekurangan sebuah produk Hp. Bahkan ada yang memberikan rekomendasi Hp di segmentasi tertentu.

Media yang bisa kamu gunakan untuk melihat ulasan para reviewer bisa dari Google, YouTube ataupun komunitas. Menurut kami, media YouTube sudah sangat membantu dalam melihat ulasan tersebut. Selain memberikan informasi produk juga terdapat video barang tersebut.

Lalu bagaimana cara mencari ulasan tersebut? Kamu cukup ketik saja dengan awalan “rekomendasi” kemudian diikuti dengan segmentasinya dan bulan/tahun. Sebagai contoh, “rekomendasi Hp low end November 2021”.

Perhatikan trade-off: Kamera vs performa

Camera Vs Performa

Sebuah Hp di segmentasi tertentu pasti memiliki nilai plus dan minus. Seperti halnya Realme C15 mempunyai baterai besar tapi chipset kurang bertenaga. Kemudian iPhone 13 Pro Max punya kamera cakep tapi di dalam paket penjualan tidak diberikan charger. Dua contoh tersebut yang dinamakan dengan trade off.

“pasti ada yang dikorbankan untuk menekan harga”

Baca lebih lanjut: 10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C15 yang Wajib Kamu Tahu »

Pengorbanan yang sering dilakukan oleh para produsen Hp adalah bagian kamera dengan performa. Biasanya, Hp yang mengandalkan performa akan memberikan spesifikasi prosesor dan memori yang bagus namun sisi kamera akan diturunkan. Sebaliknya, Hp yang mementingkan kamera biasanya memiliki performa ala kadarnya.

Jadi, ingat terus dengan pertanyaan ketiga tentang tujuan membeli Hp baru. Apakah mau penampilan Hp bagus atau performa.

Catatan: trade off kamera dengan performa ini biasanya terjadi di segmentasi midrange ke bawah. Jika sudah mencapai High end biasanya trade off-nya dengan nama merek. Contohnya, iPhone 13 Pro Max dengan spesifikasi di setiap sisi bagus tapi harganya terlalu tinggi karna merek.

Membandingkan harga

Membandingkan Harga

Setelah membaca keempat tips di atas seharusnya kamu sudah memiliki beberapa pilihan produk Hp. Sekarang waktunya untuk membandingkan harga agar mendapatkan produk Hp yang tepat. Sebagai contoh kita akan menggunakan produk Poco X3 Pro dan Poco F3.

Baca lebih lanjut: POCO X3 Pro vs POCO F3: Manakah yang terbaik? »

Kedua produk tersebut masuk ke dalam segmentasi midrange. Coba kita lihat dulu perbandingan harga kedua produk tersebut.

Varian POCO X3 Pro vs POCO F3Harga
Harga POCO X3 Pro 128 GB/6 GB RAMRp3.999.000
Harga POCO F3 128 GB/6 GB RAMRp4.999.000

Menurut kami POCO X3 Pro lebih masuk akal harganya dibanding dengan POCO F3. Alasan utama karena sudut pandang kami mencari Hp dengan kamera bagus. Untuk masalah performa, POCO X3 Pro dari beberapa reviewer sudah lancar untuk menjalankan semua sosmed. Bahkan, untuk memainkan PUBG Mobile sudah bisa diatur ke smooth extreme.

Kira-kira seperti jika ingin membandingkan harga Hp yang tepat. Jika kamu ada teknik lain membandingkan harga silakan komentar di bawah ya.

Layanan purnajual

Layanan Purnajual

Tips ke enam ini sering dilupakan pengguna saat memilih suatu Hp adalah layanan purnajual. Sebagai contoh di Indonesia, Samsung menyandang sebagai merek dengan layanan purnajual terbaik. Bagaimana tidak, Samsung memiliki service center terbanyak di Indonesia. Jadi, jika kamu khawatir tentang layanan purnajual sebuah merek. Memilih merek Samsung biasanya adalah pilihan aman. Setelah itu kamu bisa memilih produknya sesuai tips sebelumnya.

Jadi intinya, kamu perlu memperhatikan layanan purnajual Hp yang kamu ambil sesuai dengan daerah tempat tinggal. Kemudahan mendapatkan layanan purnajual akan memberikan sedikit rasa lega saat Hp rusak.

Untuk tingkatan layanan purnajual terbaik menurut kami sebagai berikut.

  • Samsung.
  • Xiaomi.
  • Apple.
  • OPPO.
  • Vivo.
  • Realme.
  • Huawei.

Catatan: Layanan purnajual adalah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan kepada konsumen yang memiliki keluhan atau klaim setelah kegiatan jual-beli berakhir. Jika bingung, intinya layanan untuk klaim garansi.

Tempat pembelian Hp baru

Marketplace

Tips terakhir adalah tempat pembelian Hp. Mungkin kamu sudah tahu membeli Hp bisa langsung di toko handphone ataupun online. Menurut kami, jika kamu benar-benar awam sebaiknya mencari Hp di tempat offline saja. Misalnya di toko Hp terdekat dari rumahmu. Jadi, kamu bisa mengecek langsung kualitas Hp dan barangnya secara nyata. Kemudian kamu bisa gunakan tips sebelumnya untuk mengecek Hp tersebut secara langsung.

Kekurangan saat kamu membeli Hp secara offline adalah pengaruh sales toko akan sangat kuat. Biasanya, para pembeli dari rumah sudah mempunyai tujuan mau mengecek beberapa Hp. Namun, saat di toko akan godaan yang berat. Awalnya kamu ingin membeli Hp A namun bisa menjadi membeli Hp B. Jadi hati-hati.

Jika kamu sedikit mengambil risiko sebaiknya membeli di tempat online. Bisa langsung melalui web resmi atau marketplace yang tersedia. Kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibanding toko. Tapi, kekurangannya kamu hanya bermodal “percaya” dengan toko online yang kamu pilih. Bisa saja kamu dikirimkan barang bekas atau tidak sesuai dengan pesanan. Tips tambahan dari kami untuk membeli online adalah melihat rating, jumlah komentar, jumlah penjualannya.

Contoh kasus pembelian Hp baru

Aji seorang anak yang baru masuk kelas 10 SMA. Dia ingin membeli sebuah Hp untuk keperluan game (Mobile Legends, PUBG Mobile), sosmed (Instagram, Twitter, WhatsApp dan Line) atau bahkan edit foto (PicsArt). Secara singkat bisa dibilang ingin performa lebih.

Budget yang dimiliki Aji hanya sekitar Rp 2,9 juta. Kemudian Aji mencari rekomendasi Hp low end di YouTube. Ketemulah beberapa kanal yang membahas hal tersebut seperti Linus Tech Tips, Gadgetin, Jagat Review, dan JerryRigEverything.

Aji kemudian mendapatkan beberapa produk Hp dari rekomendasi tersebut seperti:

  • Realme C15.
  • Samsung M30s.
  • Samsung M31.
  • Samsung M21.
  • Redmi 9.

Setelah menimbang sesuai dengan kebutuhannya sebelumnya maka tersisa Samsung M30s, Samsung M31 dan Samsung M21.

Lalu ternyata harga yang diberikan untuk varian terendahnya cukup jauh.

ProdukVarianKondisiHarga
Samsung M30s64 GB/4 GB RAMBaruRp2.750.000
Samsung M31128 GB/ 6 GB RAMBaruRp2.800.000
Samsung M2164 GB/4 GB RAMBaruRp2.399.000

Ketiga produk di atas menggunakan chipset yang sama yaitu Exynos 9611. Otomatis, Aji memilih harga yang paling murah yaitu Samsung M21 dengan varian 64 GB/4 GB RAM.

Jadi, hasil akhirnya Aji membeli Samsung M21 secara online melalui toko resmi Samsung.

Kesimpulan

Jika kamu ingin membeli sebuah Hp sebaiknya jangan mengikuti gengsi. Pilihlah Hp yang sesuai dengan kebutuhan dan semampumu.  Kamu bisa menggunakan tips yang kami berikan untuk memilih Hp terbaik untuk kondisi kamu saat ini. 7 tips membeli Hp baru di atas merupakan pengalaman dari kami saat beberapa kali membeli Hp. Dan untuk jangka panjang, kami selalu puas dengan hasil pilihan tersebut.

Apakah kamu punya tips lain? Mari diskusi melalui kolom komentar di bawah.

Previous Article

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52s 5G (Terlengkap)

Next Article

10 Perbedaan Samsung A22 5G dan A32 5G (Terlengkap)

Tinggalkan komentar