POCO X3 Pro Vs POCO F3: Manakah yang Terbaik?

Artikel ini membahas tentang POCO X3 Pro Vs POCO F3.

Jika kamu ingin mengetahui:

  • Perbedaan POCO X3 Pro dan POCO F3.
  • Perbandingan performa POCO X3 Pro Vs POCO F3.
  • Kelebihan dan kekurangan dari masing-masing produk smartphone.

Maka, kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel POCO X3 Pro Vs POCO F3 ini.

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

Sekilas tentang POCO X3

Poco X3 Pro Spesifikasi, Performa, Harga Dan Kelebihannya

Kemunculan ponsel POCO X3 Pro di Indonesia beriringan dengan kemunculan ponsel POCO F3. Di mana, POCO X3 Pro rilis terlebih dahulu pada Selasa (20/4/2021).

Peluncuran POCO X3 Pro dilakukan secara online melalui kanal YouTube POCO Indonesia. Tema peluncuran produk tersebut adalah “The Beast Has Risen – Peluncuran POCO X3 PRO”.

Live streaming dilakukan pada pukul 20.30 WIB (20/3/2021). Acara peluncuran langsung dipandu oleh Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia bersama Andi Renreng, Product PR Lead, POCO Indonesia.

Acara peluncuran produk POCO X3 Pro tergolong sukses, karena peluncuran produk online tersebut telah ditonton 991.058 kali. Bahkan setelah selesai acara, puluhan ribu Mi Fans yang langsung melakukan preorder POCO X3 Pro.

Sehebat apa sih POCO X3 Pro? Sampai-sampai puluhan ribu orang berbondong-bondong preorder produknya?

Penasaran? Yuk, mulai cari tahu lebih lanjut terkait kelebihan smartphone POCO X3 Pro.

Kelebihan POCO X3 Pro

Smartphone POCO X3 Pro hadir dengan tagline The Beast. Tidak hanya sesumbar belaka, nyatanya perangkat POCO X3 Pro punya segudang kelebihan. Terlebih, harga jual ponsel relatif murah. Benar-benar flagship killer ini ponsel. Biar kamu lebih paham, berikut 5 kelebihan smartphone POCO X3 Pro:

1. Performa level flagship killer

POCO X3 Pro menggunakan prosesor yang berteknologi tinggi, yaitu Qualcomm Snapdragon 860. Prosesor ini termasuk prosesor flagship Hp 4G terbaik di tahun 2021.

Dengan prosesor tersebut, POCO X3 Pro mampu menjalankan berbagai game yang menuntut setelan tinggi. Dengan begitu, kamu tetap bisa menikmati game online dengan pergerakan karakter yang mulus dan tanpa ngelag.

Belum cukup sampai di situ saja.

POCO X3 Pro dibekali dengan penyimpanan berteknologi UFS 3.1. UFS 3.1 juga merupakan teknologi penyimpanan level flagship.

Bayangkan, dengan teknologi memori UFS 3.1, kamu bisa membuka berbagai aplikasi dan game dengan sekejap mata. Teknologi UFS 3.1 menjadi pasangan yang cocok dengan prosesor yang gahar. Kamu akan merasakan pengalaman menggunakan smartphone yang  kencang dan tanpa ngelag.

2. Menggunakan teknologi LiquidCool 1.0 Plus

Kehadiran POCO X3 Pro memang untuk menjawab kebutuhan segmentasi pasar khusus di Indonesia. Khususnya pasar gamer. Keluhan para gamer mobile adalah perangkat ponsel mereka cepat panas saat dipakai untuk bermain game. Sehingga, mereka tidak nyaman.

Dengan teknologi LiquidCool 1.0 Plus, ponsel POCO X3 Pro tidak cepat panas saat bermain game. Teknologi LiquidCool 1.0 Plus mampu mempertahankan kinerja optimal ponsel selama sesi permainan. Dengan begitu, kamu bisa terus bermain dengan nyaman.

Catatan: Teknologi LiquidCooling mampu mendinginkan prosesor hingga 6°C. Hal ini berkat adanya grafit multi-layer dan pipa panas tembaga D5

3. Memiliki kecepatan akses tinggi

Produsen POCO mendedikasikan kerja tim mereka untuk menciptakan produk yang menjawab kebutuhan Mi Fans di Indonesia. Maka dari itu, POCO X3 Pro dirancang khusus untuk kecepatan.

Karena didesain khusus untuk mengoptimalkan kecepatan ponsel, tentu kamu akan takjub dengan spesifikasinya.

  • POCO X3 Pro memiliki rasio refresh 120 Hz. Dengan kecepatan refresh rate segitu, kamu dapat lancar bermain game. Geser ke atas-bawah, kanan-kiri, lancar jaya. Jadi, nggak ada lagi ketinggalan frame (gambar patah-patah).
  • POCO X3 Pro memiliki rasio pengambilan sampel sentuh 240 Hz. Artinya, kamu bisa melakukan respons di dalam game dengan cepat. Rasio pengambilan sampel sentuh 240 Hz mampu mengurangi latensi sentuh. Layar ponsel menjadi sangat responsif untuk main game. Sehingga, kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game yang lebih memuaskan.

Yakin, kalau kamu doyan ngegame, kamu pasti suka dengan produk POCO X3 Pro ini.

4. Menggunakan kamera utama dengan teknologi AI Quad Camera

POCO X3 Pro memang bukan sembarang smartphone. Pasalnya, tim pengembang POCO memasukkan AI quad camera yang canggih untuk memanjakan konsumen. Dengan kemampuan AI quad camera, kamu bisa mendapatkan hasil foto yang tajam, jernih dan elegan.

Biar kamu makin paham, kami bocorkan 4 kamera utama POCO X3 Pro:

  • Kamera #1: 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF.
  • Kamera #2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm.
  • Kamera #3: 2 MP, f/2.4, (macro).
  • Kamera #4: 2 MP, f/2.4, (depth).

Kamera utama POCO X3 Pro mampu merekam video dengan kualitas [email protected], [email protected]/60/120/240fps, [email protected], gyro-EIS.

Menakjubkan, bukan?

Untuk kamera selfie, POCO X3 Pro menggunakan kamera beresolusi 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm. Kamera selfie POCO X3 Pro mampu merekam video dengan kualitas [email protected]

Tidak berhenti sampai di situ saja, kelebihan POCO X3 Pro semakin komplit dengan adanya berbagai fitur tambahan. Ini penting, jadi, yuk, lanjut baca.

5. Memiliki berbagai fitur tambahan yang menarik

Saat membuat Hp flagship, tim pengembang POCO X3 Pro memang harus all out. Mereka harus menjadi market destruction. Maka dari itu, POCO X3 Pro juga dibekali berbagai fitur tambahan yang menarik, di antaranya:

  • Desain dual tekstur.
  • Baterai berkapasitas tinggi (5160mAh).
  • Pengisi daya cepat 33W.
  • Sensor getar motor linear Z-axis.
  • Speaker ganda stereo.
  • NFC.
  • IR Blaster.
  • IP53.
  • 3,5mm jack headphone.

Dengan berbagai fitur penunjang di atas, rasanya, POCO X3 Pro semakin komplit dari sisi kelebihannya..

Terakhir, POCO X3 Pro memiliki 3 pilihan warna, yaitu: phantom black, frost blue, metal bronze. Dengan adanya berbagai pilihan warna ponsel POCO X3 Pro, kamu bisa memilih warna ponsel yang kamu suka.

Sekilas tentang POCO F3

Poco F3 Spesifikasi, Performa, Harga Dan Kelebihannya

POCO F3 pertama kali rilis di Indonesia pada Selasa, (20/4/2021). Tepatnya, dihari yang sama dengan peluncuran POCO X3 Pro di Indonesia. Peluncuran produk POCO F3 dilakukan secara online melalui kanal YouTube POCO Indoneisa.

Setelahnya sukses meluncurkan produk terbarunya, POCO F3 langsung ludes dalam waktu cepat. Penjualan perdana POCO F3 melalui website resmi POCO Indonesia dan sejumlah e-commerce rekanan Xiaomi Inc.

Sementara, untuk penjualan secara offline, pembeli bisa mengunjungi Authorized Mi Store dan Authorized Mi Shop yang tersebar di penjuru Indonesia.

Pada awal peluncuran produk POCO F3, banyak Mi Fans yang antusias. Karena produk POCO F3 digadang-gadang sebagai flagship killer. Maka nggak heran, jika setelah peluncuran produk langsung banyak pembeli yang melakukan pre-order.

Tapi, apakah sehebat itu POCO F3? Apa saja sih kelebihannya?

Penasaran?

Yuk, kita mulai cari tahu lebih mendalam terkait kelebihan dari smartphone POCO F3.

Kelebihan POCO F3

POCO F3 hadir dengan beberapa kelebihan. Berikut 7 kelebihan yang dibawa oleh Hp flagship killer POCO F3, di antaranya:

1. Prosesor berkinerja tinggi

Perusahaan Xiaomi Inc. menanamkan prosesor Qualcomm Snapdragon 870 5G dengan fabrikasi 7nm. Performa dari dapur pacu POCO F3 mencapai 3,2 GHz, sangat kencang sekali.

Kamu akan merasakan pengalaman menggunakan Hp tanpa delay. Mau buka aplikasi, mau menonton video, mau berselancar di web, hingga mau maen game, semua dilibas abis. Lancar jaya.

Belum lagi, kinerja prosesor didukung oleh RAM tipe LPDDR5 dengan kapasitas 8GB RAM. Makin kencang performanya. Belum lagi, POCO F3 telah menggunakan UFS3.1 dengan ruang penyimpanan mencapai 256GB. Wow, layak performanya tinggi.

Ada lagi kelebihan lainnya? Ada, yuk, lanjut baca.

2. Telah mendukung jaringan 5G dan Wi-Fi 6

POCO F3 telah mendukung 11 jaringan global 5G dengan 360° Symmetrical Antenna Layout. Artinya, saat sinyal 5G masuk ke Indonesia, kecepatan internet dari ponsel milikmu akan sangat kencang.

Terlebih akan hadirnya teknologi Wi-Fi 6. Kecepatan internet dalam area Wi-Fi meningkat 270% daripada perangkat yang menggunakan Wi-Fi generasi 5. Bahkan kamu bisa mengakses internet dengan kecepatan 1,7 GB/s. Cepat sekali, bukan?

Semakin cepat akses internet tentu akan berdampak dengan lama penggunaan. Akibatnya, Hp pada umumnya akan cepat panas karena terlalu lama dipakai. Namun, tidak dengan POCO F3.

3. Menggunakan teknologi pendingin LiquidCool Technology 1.0 Plus

Teknologi LiquidCool akan aktif saat ponsel pengguna melebihi ambang batas panas. Sehingga, suhu di dalam perangkat ponsel tetap terjaga. Akibatnya, kinerja ponsel tidak menurun biarpun telah dipakai dalam jangka waktu lama.

4. Kapasitas baterai besar

Produsen POCO F3 membenamkan baterai berjenis Li-Po dengan kapasitas 4520 mAh. Biarpun memiliki baterai dengan kapasitas besar, POCO F3 tetap memiliki body yang tipis. Dengan begitu, ponsel tetap bisa memiliki desain yang elegan.

Apa kelebihan dari baterai kapasitas besar POCO F3? Dengan baterai berkapasitas 4520 mAh, kamu bisa bermain Hp dari pagi hingga malam. Apa pun yang kamu kamu mainkan (aplikasi, game, video, mp3, chatting), baterai POCO F3 mampu mendukung aktivitasmu selama berjam-jam.

Berikut rangkuman singkat ketahanan daya dari baterai POCO F3:

  • Pada mode stand-by, baterai POCO F3 kuat bertahan hingga 268 jam.
  • Pada mode mp3, baterai POCO F3 kuat bertahan hingga 149 jam.
  • Untuk bermain game, baterai POCO F3 mampu bertahan hingga 10 jam.
  • Untuk menonton video, baterai POCO F3 mampu bertahan hingga 14 jam.

Cukup fantastis, bukan?

Jangan berhenti sampai di sini. Saya masih akan menjelaskan kelebihan POCO F3 lainnya. Yuk, lanjut.

5. Telah menggunakan teknologi layar terbaik

Pada saat pertama kali mencoba, kami kagum. Ini ponsel layarnya sangat jernih sekali. Teknologi layar E4 Dynamic Amoled mampu menghadirkan pengalaman visual yang menakjubkan. Akurasi warna yang ditampilkan POCO F3 sangat tinggi. Terlihat sangat realistis.

Keunggulan tersebut tidak mengada-ada, berikut penjelasannya:

  • POCO F3 telah menggunakan layar ponsel dengan refresh rate tinggi, yaitu 120 Hz. Transisi aplikasi dan pergerakan karakter di dalam game sangat mulus dan terlihat nyata.
  • POCO F3 memiliki rasio touch samping sebesar 360 Hz. Artinya, layar sentuh POCO F3 sangat responsif, cepat dan lancar. Cocok untuk pengguna yang gemar main game mobile.
  • POCO F3 menggunakan resolusi layar HDR 10+. Dengan begitu, kecerahan dan tingkat kontras secara visual sangat baik.
  • POCO F3 100% DCI-P3. Artinya, warna lebih cerah dan lebih kaya.

Dari pengalaman kami menggunakan POCO F3, ponsel ini memiliki visual yang sangat tajam dan jernih. Mau dipakai di dalam ruangan maupun di luar ruangan, gambar masih tetap jelas.

Setelah tahu, sedikit gambaran tentang produk ponselnya, saatnya membandingkan produk secara head to head. Yuk, simak pembahasan POCO X3 Pro Vs POCO F3.

Perbedaan spesifikasi POCO X3 Pro Vs POCO F3

PerbandinganPOCO X3 ProPOCO F3
Dimensi165.3 x 76.8 x 9.4 mm163.7 x 76.4 x 7.8 mm
Berat215 g196 g
Ukuran layar6,67 inci6,67 inci
Tipe layarIPS LCD, 120Hz, HDR10, 450 nitsAMOLED, 120Hz, HDR10+, 1300 nits
Resolusi layar1080 x 2400 piksel1080 x 2400 piksel
Perbandingan layar20:9 ratio20:9 ratio
Bahan rangkaPlastic frame Plastic frame
SIMHybrid Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by) Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Jaringan GSM / HSPA / LTE GSM / HSPA / LTE / 5G
ChipsetQualcomm Snapdragon 860 (7 nm)Qualcomm SM8250-AC Snapdragon 870 5G (7 nm)
CPUOcta-coreOcta-core
GPUAdreno 640Adreno 650
Memori internal128GB, 6GB RAM 128GB, 8GB RAM 256GB, 6GB RAM 256GB, 8GB RAM128GB, 6GB RAM 128GB, 8GB RAM 256GB, 8GB RAM
Card slotmicroSDXCTidak ada
Kamera BelakangQuad camera Kamera 1: 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF Kamera 2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm Kamera 3: 2 MP, f/2.4, (macro) Kamera 4: 2 MP, f/2.4, (depth)Triple Camera Kamera 1: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF
Kamera 2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide)
Kamera 3: 5 MP, f/2.4, 50mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF
Kamera depan20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm20 MP, f/2.5, (wide), 1/3.4″, 0.8µm
FiturWLAN, Bluethooth 5.0, A2DP, LE, GPS, NFC, Infrared port, recording, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compassWLAN, Bluethooth 5.0, A2DP, LE, GPS, NFC, Infrared port, recording, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go, fingerprint (side-mounted), accelerometer, gyro, proximity, compass, color spektrum
RadioAdaTidak ada
BateraiLi-Po 5160 mAh, non-removableLi-Po 4520 mAh, non-removable
Pengisian dayaFast charging 33WFast charging 33W
WarnaPhantom Black, Frost Blue, Metal BronzeArctic White, Night Black, Deep Ocean Blue

Dari data yang disajikan tabel di atas, kita tahu perbedaan spesifikasi dari POCO X3 Pro dan POCO F3 di atas kertas.

Tapi, tunggu, kami punya informasi penting lainnya terkait POCO X3 Pro Vs POCO F3 yang akan kami bahas secara lengkap. Yuk, lanjut.

Perbandingan POCO X3 Pro Vs POCO F3 (head to head)

Desain

Dari segi desain, kedua smartphone memiliki desain minimalis dan elegan. Keren sih, terlihat lebih modern dan anak muda banget.

Okay, yuk, langsung kita bahas saja satu persatu.

POCO X3 Pro mengusung desain yang sama dengan POCO X3 NFC. Di mana, model bazel, modul kamera belakang hingga dimensi smartphone sama.

Layar depan POCO X3 sudah menggunakan pelindung Gorilla Glass 6 sehingga anti gores. Layar Hp juga besar, yaitu 6,67 inci. Cukup memuaskan untuk bermain game Ganshin Impact.

Bagian yang menarik dari desain POCO X3 Pro mungkin terletak pada modul kamera utamanya. Di mana, modul kamera belakang POCO X3 Pro ditanam dengan posisi simetris di bagian belakang-atas ponsel.

Modul kamera belakang POCO X3 berbentuk lingkaran dengan persegi panjang kecil di tengah lingkaran yang berisi kamera utama.

Sekilas, terlihat POCO X3 Pro memiliki 5 kamera, Eiits, tapi jangan mudah tertipu.

POCO X3 Pro sejatinya di desain untuk memiliki 4 kamera saja (quad camera), satu bagian yang mirip kamera adalah lampu flash.

Overall, desain POCO X3 Pro bagus sih. Cuma, setelah beberapa kali menggunakan, sepertinya kami merasa cepat bosan. Mungkin ini efek dari desain simetris kali ya? Bagaimana menurutmu? Tulis pendapatmu di kolom komentar di bawah.

Okay, lanjut ke POCO F3.

Secara keseluruhan desain POCO F3 hampir mirip dengan seri POCO lainnya, karena bazel Hp seri POCO yang mirip-mirip semua. Cuman, desain POCO F3 ini lebih elegan dengan fresh.

Kita mulai dari desain kamera belakang. POCO F3 menggunakan desain asimetris untuk kamera belakangnya. Di mana, modul kamera berbentuk persegi panjang vertikal dengan sudut melengkung.

Terkesan manis dan cantik. Letak kamera di pojok kiri atas membuat desain ponsel terlihat feminin. Keren deh pokoknya.

Desain kamera depan menggunakan model tompel yang berada di posisi tengah layar bagian atas. Sangat rapi dan bersih.

Catatan: Secara desain, kami lebih suka smartphone POCO F3. Di mana, desain ponsel terlihat lebih anggun dan nggak mboseni.

Display

Perbandingan Ukuran Layar Dan Screen Ratio Smartphone POCO X3 Pro Dan POCO F3
Perbandingan ukuran layar POCO X3 Pro dan POCO F3.

Mari lanjut ke teknologi layar smartphone POCO X3 Pro Vs POCO F3. Kedua ponsel ini menggunakan jenis layar yang berbeda.

  • POCO X3 Pro menggunakan jenis layar IPS LCD dengan kecepatan refresh rate sebesar 120Hz. Dan resolusi layar POCO X3 Pro sebesar 1080 x 2400 piksel dengan HDR10 dan 450 nits.
  • POCO F3 menggunakan jenis layar AMOLED dengan kecepatan refresh rate sebesar 120Hz. POCO F3 memiliki resolusi 1080 x 2400 piksel dengan HDR10+ dan 1300 nits.

Dengan kualitas layar sebagus itu, kamu bisa sangat nyaman memainkan game Genshin Impact dengan kualitas tertinggi (60fps).

Catatan: Setelah kami melakukan pengujian berulang-ulang, dari sisi display, kami lebih suka POCO F3. Layar Amoled dengan HDR 10+, 1300 nits dan screen rasio 20:9 sangat memanjakan mata. Tampilan grafis ponsel lebih smooth dan lebih stabil.

Kamera

Ada 3 perbedaan mendasar dari kamera dari POCO X3 Pro Vs POCO F3.

  • Pertama, bentuk modul kamera belakang POCO X3 Pro dan POCO F3 berbeda.
  • Kedua, jumlah kamera utama POCO X3 Pro dan POCO F3 berbeda.
  • Ketiga, resolusi kamera POCO X3 Pro dan POCO F3 berbeda.

Mari kita bahas satu persatu untuk mencari mana yang terbaik.

Perbedaan Kualitas Kamera POCO X3 Pro Vs POCO F3
Perbedaan kualitas kamera POCO X3 Pro Vs POCO F3.

Perhatikan gambar di atas. Bentuk modul kamera dari POCO X3 berbeda dengan POCO F3. Di mana, POCO X3 Pro memiliki modul kamera berbentuk lingkaran dengan desain simetris.

Kamera dengan resolusi terbesar diletakkan di tengah modul kamera, sedangkan kamera pendukung diletakkan di samping-sampingnya.

Seolah terlihat memiliki 5 kamera, tapi kenyataannya cuma 4 kamera. Karena yang satu adalah lampu flash. Unik, memang, tapi terkesan monoton dan boring jika dipakai dalam jangka waktu lama. Itulah kelemahan dari desain simetris.

Bagaimana dengan POCO F3?

POCO F3 tampil dengan model kamera belakang asimetris dengan desain menyerupai kapsul yang diletakkan pada posisi vertikal.

Menurut kami, model kamera belakang POCO F3 memiliki kesan yang lebih feminin dan elegan. Nggak bikin boring dan tetap keren.

Okay, lanjut ke jumlah kamera ponsel.

Jika kita perhatikan dengan lebih saksama, jumlah kamera belakang kedua seri ponsel berbeda. POCO X3 Pro memiliki 4 kamera (quad camera) sedangkan POCO F3 memiliki 3 kamera (triple camera).

Biar lebih jelas, mari kita bandingkan keduanya.

POCO X3 Pro memiliki 4 kamera belakang dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Kamera 1: 48 MP, f/1.8, (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF.
  • Kamera 2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide), 1.0µm.
  • Kamera 3: 2 MP, f/2.4, (macro).
  • Kamera 4: 2 MP, f/2.4, (depth).

POCO F3 memiliki 3 kamera belakang dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Kamera 1: 48 MP, f/1.8, 26mm (wide), 1/2″, 0.8µm, PDAF.
  • Kamera 2: 8 MP, f/2.2, 119˚ (ultrawide).
  • Kamera 3: 5 MP, f/2.4, 50mm (macro), 1/5.0″, 1.12µm, AF.

Dari data di atas, terlihat tidak ada perbedaan resolusi kamera yang cukup jauh. Karena kedua ponsel menggunakan kamera utama dengan resolusi 48 MP.

Tapi, kita perlu bukti dong, manakah kamera ponsel yang terbaik?

Biar kamu makin paham perbedaan hasil foto kedua kamera ponsel di atas, berikut contoh hasil fotonya.

Perbandingan Hasil Foto Kamera Belakang POCO X3 Pro Vs POCO F3 Kondisi Low Light With Ai
Perbandingan hasil foto kamera belakang POCO X3 Pro Vs POCO F3.
Perbandingan Hasil Foto Luar Ruangan Dari Kamera Belakang POCO X3 Pro Vs POCO F3
Perbandingan foto luar ruangan POCO X3 Pro Vs POCO F3

Bagus mana? Yups, kita sepaham. Hehe.

Okay, kita lanjut ke perbedaan kamera depan POCO X3 Pro Vs POCO F3.

Secara resolusi, kamera depan POCO X3 Pro memiliki resolusi yang sama dengan kamera depan POCO F3, yaitu 20 MP. Namun, kedua kamera memiliki aperture yang berbeda. Perbedaan aperture yang berbeda bisa menciptakan efek bokeh pada foto yang berbeda pula.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak spesifikasi kamera smartphone POCO X3 Pro Vs POCO F3 di bawah ini:

  • Kamera depan POCO X3 Pro: 20 MP, f/2.2, (wide), 1/3.4″, 0.8µm.
  • Kamera depan POCO F3: 20 MP, f/2.5, (wide), 1/3.4″, 0.8µm.

Karena kedua ponsel memiliki kamera depan yang mirip namun berbeda aperturenya, maka perbedaan hasil fotonya tidak terlalu signifikan. Namun, biar kamu makin yakin, yuk, langsung lihat perbandingan hasil foto dari kedua ponsel di atas.

Perbandingan Hasil Foto Selfie Dari POCO X3 Pro Vs POCO F3
Perbandingan hasil foto selfie dari POCO X3 Pro Vs POCO F3 (sumber: Zeibiz).

Dari hasil foto di atas, kamera POCO F3 memiliki hasil foto yang lebih baik daripada POCO X3 Pro.

Baterai

Smartphone POCO X3 Pro dan POCO F3 memiliki baterai berkapasitas besar dengan jenis Lithium Polymer (Li-Po). Namun, perbedaan kapasitas keduanya cukup signifikan, berikut datanya:

  • POCO X3 Pro memiliki baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 5.160 mAh.
  • POCO F3 memiliki baterai jenis Li-Po dengan kapasitas 4.520 mAh.

POCO X3 Pro dan POCO F3 memiliki baterai jenis tanam (non-removable) yang cukup tipis. Sehingga, desain ponsel tetap slim dan minimalis. Dan lagi ada fitur fast charging yang membuat ponsel lebih cepat dicharge.

Melansir dari kanal YouTube Gadgetin, POCO X3 Pro memiliki fitur fast-charging 33W. Kalau mau ngisi baterai dari 1%, dalam waktu 30 menit baterai telah terisi 44%. Dan untuk mengisi baterai sampai kapasitas penuh, kamu hanya butuh waktu 1 jam 22 menit.

Cukup cepat fitur pengisian dayanya, wus wus banget.

Bagaimana kalau dibandingkan dengan POCO F3?

Menurut David, Gadgedtin, POCO F3 telah dibekali dengan pengisi daya 33W. Ngebut banget. Untuk mengisi baterai berkapasitas 4.520 mAh dari daya 1% sampai 76%, kamu hanya butuh waktu 30 menit. Kalau mau sampai penuh, kamu hanya butuh waktu 55 menit.

Super kenceng kan?

Catatan: POCO X3 Pro memiliki kapasitas baterai 640 mAh lebih besar daripada POCO F3. Namun, kecepatan pengisian daya sampai penuh kalah cepat dari POCO F3.

Harga

Setelah kita membandingkan spesifikasi dan performa POCO X3 Pro Vs POCO F3, tentu kamu penasaran dengan harganya dong? Bener kan? Kira-kira mahal mana ya? Simak daftar harga di bawah ini:

Harga POCO X3 Pro kondisi baru dan bekas

Varian POCO X3 ProKondisiDetail Harga
Harga POCO X3 Pro (6GB/128GB)BaruRp3.399.000
Harga POCO X3 Pro (8GB/256GB)BaruRp3.599.000
Harga POCO X3 Pro (6GB/128GB)BekasRp3.199.000
Harga POCO X3 Pro (8GB/256GB)BekasRp3.399.000

Harga POCO F3 kondisi baru dan bekas

Varian POCO F3KondisiDetail Harga
Harga POCO F3 (6GB/128GB)BaruRp4.799.000
Harga POCO F3 (8GB/256GB)BaruRp5.299.000
Harga POCO F3 (6GB/128GB)BekasRp4.299.000
Harga POCO F3 (8GB/256GB)BekasRp4.799.000

Kesimpulan

Setelah kita membandingkan dengan saksama spesifikasi dan performa dari POCO X3 Pro Vs POCO F3, kesimpulannya sebagai berikut:

Kelebihan POCO X3 Pro

  • POCO X3 Pro memiliki kapasitas baterai 14,16% lebih besar daripada POCO F3 (5160mAh Vs 4520mAh).
  • POCO X3 Pro memiliki slot memori eksternal, soket audio jack 3,5 mm, FM Radio dan layar IPS.
  • POCO X3 Pro telah menggunakan lapisan pelindung Gorilla Glass 6.
  • POCO X3 Pro mempunyai resolusi HDR 10.
  • Harga Pco X3 Pro 32,16% lebih murah daripada POCO F3.

Kelebihan POCO F3

  • POCO F3 memiliki CPU 1,5% lebih cepat daripada POCO X3 Pro (1 x 3.2GHz & 3 x 2.4GHz & 4 x 1.8GHz Vs 1 x 2.96 & 3 x 2.42 & 4 x 1.78GHz).
  • POCO F3 memiliki resolusi kamera 1,67% lebih besar daripada POCO X3 Pro (48MP & 8MP & 5MP Vs 48 & 8 & 2 & 2MP).
  • POCO F3 memiliki kecepatan downlod 3,75x lebih cepat daripada POCO X3 Pro.
  • POCO F3 menggunakan layar Amoled.
  • POCO F3 menggunakan perangkat bluetooth terbaru.
  • POCO F3 memiliki bobo 19g lebih ringan daripada POCO X3 Pro (196g Vs 215g).
  • POCO F3 memiliki desain 1,6mm lebih tipis (7.8mm Vs 9.4mm).
  • POCO F3 telah support sinyal 5G.

Jadi, lebih baik mana? Kalau menurut kami, POCO F3 jauh lebih baik dari segi desain, kualitas dan kinerja. Namun, kalau kamu menimbang dari segi harga, POCO X3 Pro jauh lebih baik, karena harganya lebih murah.

Previous Article

POCO M3 Vs Redmi Note 9: Manakah yang Terbaik?

Next Article

Kelebihan dan kekurangan OPPO A53

Tinggalkan komentar