Perbedaan Smartphone dan Tablet

Smartphone dan tablet merupakan perangkat yang sering dipakai oleh anak zaman now sebagai pengganti laptop atau PC. Mungkin untuk keperluan transaksi, desain poster, chatting hingga editing video. Iya, kamu tidak salah membaca. Smartphone dan tablet sekarang sudah berada di tahap seperti itu. Tentu dengan pesatnya kemajuan tersebut tidak luput dari sejarah yang mengesankan.

Awalnya kita hanya mengenal telepon seluler dengan fungsi sederhana yaitu telepon dan sms. Namun Apple di tahun 2007 mengeluarkan sebuah produk yang menjadi cikal bakal sebuah smartphone dan tablet. Produk yang dikeluarkan adalah IPhone sebagai smartphone dan Ipad sebagai Tablet. Keduanya dapat melakukan pengolahan multimedia (foto, video ,audio),akses internet, percakapan langsung dan yang lebih penting sudah membuat keypad fisik menyatu dengan layar.

Secara fisik mungkin kamu sudah mengetahui perbedaan smartphone dan tablet. Tapi apakah kamu yakin dapat memilih dengan asumsi itu saja ? Kenyataannya masih banyak perbedaan dasar yang menjadi kedua perangkat ini masih diproduksi oleh Brand ternama. Jadi kami akan membantu kamu untuk membedakan antara smartphone dan tablet agar memilih perangkat yang tepat.

Berikut 5 perbedaan utama smartphone dan tablet:

Mulai penasaran? Yuk lanjut baca.

Dimensi layar

Dimensi Layar

Perbedaan yang terlihat jelas antara smartphone dan tablet adalah dimensi layar perangkat. Umumnya smartphone memiliki dimensi layar sekitar 4 sampai 6,9 Inci dan Tablet berada pada angka 7 sampai 12.9 inci.  Lalu dari mana penggolongan tersebut ? Kesimpulan ini kami ambil berdasarkan produk yang dikeluarkan oleh produsen. Smartphone dengan dimensi layar terbesar di pegang oleh Xiaomi Mi Max 3 (6,9 Inci) dan tablet di dimensi layar terendah adalah Zyrex ZT 216 (7,0 inci).

Dimensi layar yang besar belum tentu nyaman untuk digunakan. Bagi kamu yang sering membawa perangkat dan mudah untuk digenggam dengan satu tangan. Maka smartphone merupakan pilihan terbaik. Namun jika lebih banyak diam di tempat dan butuh ruang layar lebih besar. Pilihan tablet merupakan keputusan bijak. Keuntungan mempunyai perangkat dimensi layar besar adalah ruang aktivitas menjadi lebih luas. Bagi seorang desainer atau penulis akan senang dengan hal ini. Namun bagi pengguna biasa akan terasa berlebihan karena saat dibawa akan memakan banyak tempat.

Komponen

Komponen Smartphone

Secara komponen, tablet akan lebih diuntungkan dibanding smartphone karena memiliki dimensi layar yang lebih besar. Dengan dimensi layar yang besar dapat memberikan hardware yang lebih bagus. Mungkin dari processor, RAM, kamera, baterai atau sensor yang lainnya. Kita ambil contoh Xiaomi pad 5 pro 8/256 GB (sekitar 10 juta) dan Xiaomi Blackshark 3 Pro 8/256GB (sekitar 10 juta). Keduanya di harga yang hampir sama namun processor yang digunakan jauh lebih bagus Xiaomi pad 5 pro. Kamu pasti juga akan berpikir kembali jika melihat perbandingan hal tersebut.

Aksesoris

Aksesoris Smartphone

Aksesoris merupakan bagian favorit dalam sebuah perangkat. Smartphone dan tablet memiliki aksesoris unik tersendiri. Pada sisi smartphone aksesoris yang sering dicari adalah gamepad, Gorillapod dan iRing. Kemudian pada aksesoris tablet yang sering dicari adalah stylus, keyboard bluetooth.

Apakah kamu melihat perbedaan kedua perangkat tersebut?

Bagian aksesoris smartphone lebih ke fleksibilitas untuk digunakan di mana dan kapan saja. Sedangkan tablet lebih cenderung nyaman digunakan saat posisi diam. Jika kamu suka jalan-jalan atau pengguna biasa untuk komunikasi maka smartphone lebih baik karena pilihan aksesoris sangat mendukung. Sedangkan kamu yang cenderung diam seperti menonton film, menulis, edit foto/video maka tablet pilihan bagus berdasarkan aksesorisnya.

Fleksibilitas

Dalam urusan fleksibilitas seharusnya smartphone lebih unggul karena memiliki dimensi layar lebih kecil. Ukuran yang lebih kecil dibanding tablet akan membuat area penyimpan sedikit lebih lega dan saat dikeluarkan tidak terlalu repot.

“Tapi kan tablet memiliki baterai yang lebih besar otomatis lebih tahan lama”.

Tahan lama bukan berarti lebih unggul dalam aspek fleksibilitas. Anggap saja kamu sedang ingin menghadiri sebuah pesta, pasti ingin membawa barang bawaan sedikit mungkin. Kamu tidak mungkin membawa tablet dengan ukuran 7,8 inci ke dalam saku.

Target pengguna

Target Pengguna Smartphone Tablet 1

Faktor terakhir dalam membedakan smartphone dan tablet adalah target pengguna. Umumnya tablet menargetkan pengguna produktif yang lebih banyak diam di tempat dan smartphone untuk pengguna biasa atau traveller. Hal ini disimpulkan berdasarkan keempat faktor sebelumnya. Masih bingung? Kami bantu dengan sebuah pertanyaan.

Apa yang sedang kamu kerjakan sekarang dan nanti?

Jika kamu pengguna biasa yang hanya untuk chatting, bermain game, atau menggunakan social media. Kami lebih menyarankan untuk memilih smartphone. Lain hal bila kamu produktif seperti untuk mengikuti kursus, editor musik/foto/video, Akuntan, Manajer atau yang lainnya kami sarankan lebih menggunakan tablet.

Kesimpulan

Di akhir kesimpulan ini untuk membedakan smartphone dan tablet yang cocok adalah berdasarkan kebutuhan dan kepunyaanmu sekarang. Jika setelah diteliti yang kamu perlukan sekarang adalah smartphone namun budget tipis. Kami sarankan untuk membeli bekas atau menurunkan spesifikasi dari target sebelumnya. Menurunkan spesifikasi bisa dari RAM, Fitur ataupun chipset yang digunakan.

Pelajari lebih lanjut:

  1. 7 urutan merek Hp terpopuler berdasarkan kualitas: Membantu kamu dalam memilih membedakan merek Hp yang berkualitas atau tidak.
  2. Perbedaan Android dan Ios: Kenali perbedaan kedua sistem operasi untuk kenyamanan dalam menggunakan smartphone maupun tablet.
Previous Article

OPPO A53

Next Article

Poco M3 Vs Redmi Note 9: Manakah yang Terbaik?

Tinggalkan komentar