Penyebab Samsung A12 Cepat Panas

Artikel ini membahas secara lengkap 10 penyebab kenapa ponsel Samsung A12 cepat panas dan cara mengatasinya.

Jika kamu ingin tahu:

  • Berbagai penyebab kenapa ponsel Samsung A12 cepat panas.
  • Solusi jitu cara mengatasi Samsung A12 yang cepat panas.
  • Mencegah Samsung A12 cepat panas saat dipakai.

Maka, kamu pasti menyukai panduan ini.

Mulai penasaran? Yuk, langsung cari tahu.

Catatan: Sebelum menjelek-jelekkan ponsel Samsung A12, sebaiknya pelajari review Samsung A12 secara menyeluruh terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu jadi bijaksana dalam menilai. Apakah ponsel Samsung A12 milikmu cepat panas karena pemakaian atau karena perangkatnya yang jelek.

10 Penyebab Samsung A12 Cepat Panas

Samsung A12 merupakan ponsel kelas low-end yang sangat laris di Indonesia. Hal ini karena ponsel Samsung A12 memiliki desain bagus, harga relatif murah dan performanya menjanjikan. Namun, karena harga jualnya cukup murah, pasti ada perangkat yang dikorbankan untuk menekan harga. Akibatnya, banyak pengguna yang mengeluh bahwa ponsel Samsung A12 mereka cepat panas. Sebenarnya, apa yang membuat ponsel A12 cepat panas?

1. Kesalahan pengaturan

Kesalahan umum pengguna Samsung A12 yang menyebabkan ponsel cepat panas, di antaranya:

  • Pengaturan layar yang terlalu terang.
  • Penggunaan wallpaper, animasi, theme, dan widget yang terlalu berlebihan.

Kami ulas satu persatu ya.

Samsung A12 memiliki dua mode pengaturan kecerahan layar, yaitu mode auto dan manual. Beberapa pengguna sering mengaktifkan kecerahan layar sampai level tertinggi. Tapi, lupa mematikannya.

Ini fatal sih! Karena pengaturan layar yang terlalu terang membutuhkan daya yang tinggi. Sehingga, konsumsi listrik dari baterai cukup besar. Akibatnya, ponsel akan cepat panas.

Belum cukup sampai di situ saja.

Beberapa pengguna juga sering menggunakan animasi, theme dan widget yang terlalu berlebihan. Memang terlihat bagus, keren dan interaktif. Tapi, boros baterai. Terlebih, kalau kamu menggunakan pengaturan layar yang sangat terang dan ponsel aktif sepanjang waktu.

Itu ponsel pasti cepat panas dan boros baterai. Karena ponsel bekerja terlalu keras.

Solusi #1:

  • Matikan kecerahan layar otomatis dan pakai pengaturan layar manual dengan settingan redup. Pilih toleransi kecerahan paling redup yang nyaman untuk menunjang aktivitasmu.
  • Setelahnya, ganti wallpaper, animasi, theme, dan widget yang bikin boros baterai dengan item yang minimalis dan hemat baterai.
  • Terakhir, aktifkan mode sleep saat ponsel Samsung A12 tidak digunakan selama 1 menit.

2. Penggunaan ponsel secara berlebihan

Kita semua tahu, segala hal yang berlebihan itu tidak baik. Tapi, kalau menyangkut kesenangan, kadang kita lupa diri. Hehe.

Beberapa kasus penggunaan ponsel Samsung A12 secara berlebihan sehingga menyebabkan ponsel cepat panas, di antaranya:

  • Bermain game mobile online maupun offline dalam waktu lama. Misalnya, 90-120  menit.
  • Menonton streaming video dalam waktu lebih dari 60 menit.
  • Video call selama berjam-jam.

Penggunaan ponsel Samsung A12 secara berlebihan, dalam waktu lama dan terus-menerus akan membuat ponsel cepat panas. Ini karena perangkat ponsel bekerja ekstra berat dalam rentang waktu lama. Alhasil, mesin ponsel menciptakan panas berlebih sehingga body smartphone jadi panas.

Solusi #2:

  • Solusi sederhana untuk kasus penggunaan ponsel Samsung A12 secara berlebihan adalah kasih istirahat. Simple, kan? Setiap 10 menit kasih jeda. Dengan begitu, suhu mesin akan tetap terjaga dan tidak panas.
  • Tidak bisa ngasih jeda untuk mendinginkan ponsel? Mau tidak mau kamu perlu Mobile Cooling Fan. Cari saja di marketplace kipas pendingin smartphone. Kipas pendingin smartphone akan dipasang di belakang ponsel dan mengalirkan suhu panas dari body ponsel keluar sehingga ponsel tidak cepat panas saat kamu pakai berjam-jam.

3. Banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel

Beberapa pengguna Samsung A12 sering menjalankan banyak aplikasi sekaligus. Dan mereka malas untuk menutup semua aplikasi yang sudah tidak mereka pakai. Alhasil, banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang ponsel (running in background).

Akibatnya apa?

Ya, ponsel Samsung A12 jadi boros baterai dan cepat panas. Karena semua aplikasi yang berjalan tersebut akan terus-menerus memaksa prosesor untuk bekerja mati-matian.

Beberapa aplikasi yang sering berjalan di latar belakang ponsel, di antaranya:

  • Layanan update aplikasi otomatis.
  • Layanan akses lokasi saat ini.
  • Aplikasi anti virus.
  • Aplikasi yang telah dibuka tapi tidak ditutup setelah tidak terpakai lagi.
  • Notifikasi otomatis.
  • Running text.
  • Upload-download data cookies dari layanan aplikasi.
  • Backup otomatis dan sinkronisasi otomatis.
  • Sinyal HP kurang stabil.

Karena banyak aplikasi yang berjalan tanpa kamu sadari, ponsel Samsung A12 milikmu tetap bekerja walau sedang tidak digunakan. Alhasil, ponsel jadi cepat panas dan baterai cepat habis.

Solusi #3:

  • Matikan semua aplikasi yang tidak terpakai.
  • Lihat berbagai aplikasi berjalan di latar belakang ponsel. Jika tidak terlalu diperlukan, matikan saja.
  • Batasi penggunaan jaringan internet pada aplikasi-aplikasi yang tidak kamu pakai. Cara ini terbukti efektif untuk mencegah aplikasi berjalan di latar belakang ponsel secara otomatis saat mendapatkan jaringan internet.

4. Kebiasaan mengisi daya baterai yang keliru

Kebiasaan buruk pengguna Samsung A12 dalam hal mengisi daya adalah meletakkan ponsel di sofa atau kasur saat pengisian daya. Entah itu, pengisian daya menggunakan charger maupun powerbank.

Seolah tindakan ini benar, karena pengguna ingin meletakkan HP di tempat yang aman. Tapi, tahukah kamu, kalau material sofa dan kasur itu mudah memerangkap panas?

Terkejut? Coba nanti setelah mengisi daya, periksa alas tempat kamu meletakkan ponsel di kasur/sofa milikmu. Panas atau tidak?

Fakta menunjukkan, material busa dan kain itu mudah menyerap panas dan memerangkapnya. Sehingga, sofa dan kasur mempertahankan panas yang keluar dari ponsel dan powerbank milikmu. Jika proses pengisian daya berlangsung lama, panas akan terakumulasi dan HP jadi cepat panas.

Solusi #4:

Saat mengisi daya HP, letakkan ponsel di meja dengan permukaan datar yang terbuat dari kayu atau besi. Kedua material tersebut sulit memerangkap panas. Dengan begitu, ponsel Samsung A12 milikmu tidak cepat panas.

5. Terpapar cahaya matahari secara langsung

Matahari adalah sumber panas di bumi. Selain meningkatkan suhu panas di permukaan bumi, ternyata cahaya matahari juga bisa membuat HP Samsung A12 cepat panas.

Kok bisa? Begini kasusnya:

  • Pertama, cahaya matahari mengenai perangkat ponsel secara langsung. Hal ini sering dialami oleh supir ojek online dan orang-orang yang menggunakan Samsung A12 di luar ruangan. Paparan sinar matahari yang terus-menerus membuat body ponsel menjadi panas. Saat kondisi luar ponsel panas, dan ruang mesin ponsel panas, maka HP jadi cepat panas. As simple as that!
  • Kedua, pengguna menggunakan kamera Samsung A12 dengan menghadapkan langsung ke matahari. Jadi, cahaya matahari menyinari kamera secara langsung dalam waktu lama. Banyak pengguna yang sedang asyik mengabadikan foto tidak menyadari hal tersebut, akhirnya HP Samsung A12 miliknya tiba-tiba panas.

Solusi #5:

Solusinya cukup mudah, tinggal ubah saja perilaku kamu saat menggunakan HP di luar ruangan. Pakai HP di tempat yang teduh. Dan hindari memotret foto dari angle yang berhadapan langsung dengan arah datangnya sinar matahari. Mudah, kan?

6. Salah memilih charger

Penyebab Samsung A12 cepat panas selanjutnya adalah salah memilih charger. Ada 3 skenario kesalahan pengguna, yaitu:

  • Pengguna membeli charger palsu yang memiliki voltase yang tidak stabil.
  • Pengguna menggunakan charger yang mengeluarkan arus pengisian daya yang tidak sesuai dengan perangkat HP.
  • Pengisian daya yang dikeluarkan charger terlalu besar. Misalnya, ponsel kamu belum fast-charging, tapi kamu pakai charger fast-charging dengan output besar.

Kalau sudah berhubungan dengan voltase pengisian daya HP, hasilnya fatal sih. Karena perubahan voltase bisa membuat perangkat ` error dan cepat panas.

Solusi #6:

Pakai charger ori yang sesuai tipe ponsel Samsung A12 milikmu.

7. Terdapat bug pada sistem operasi

Kesalahan di dalam sistem operasi (Android maupun iOS) membuat mal fungsi pada perangkat HP. Akibatnya, ponsel Samsung A12 milikmu tidak bekerja secara sempurna. Bahkan sering restart atau reboot sendiri.

Jika kejadian tersebut tidak segera diselesaikan, ponsel akan cepat panas dan baterai cepat habis. Pada kasus ekstrem, ponsel bisa mengalami bootloop

Solusi #7:

Segera cari sumber bug dan lakukan update sistem operasi. Jika tidak bisa, lakukan install ulang sistem operasi di ponsel Samsung A12 milikmu (flash). Untuk tutorial Cara flash HP Samsung ada di sini.

8. Aplikasi crash di tengah jalan

Pada pembahasan sebelumnya, kami telah menjelaskan bahwa bug pada sistem operasi bisa membuat sistem operasi crash dan HP jadi cepat panas.

Ternyata, hal tersebut bukan hanya terjadi pada sistem operasi saja. Karena bug dan crash bisa terjadi juga pada aplikasi yang terinstall di HP.

Contohnya, crash pada aplikasi chatting, gaming, hingga streaming. Saat terjadi crash, sistem akan mengalami looping yang menyebabkan peningkatan panas pada kinerja prosesor. Akibatnya, mesin HP jadi cepat panas.

Solusi #8:

Jika kamu menemukan aplikasi yang error, crash dan ada bug, segera update aplikasi tersebut. Jika masih crash terus-terusan, hapus saja aplikasi tersebut dari ponsel Samsung A12 milikmu.

9. Lingkungan panas

Panas itu mengalir dari suhu tinggi ke suhu rendah. Artinya, jika kamu meletakkan HP di lingkungan panas, maka HP Samsung A12 milikmu juga akan cepat panas, misalnya:

  • Menaruh Samsung A12 yang masih menyala di jog motor selama berjam-jam.
  • Mengecharge HP yang sedang menyala di jog motor sambil mengemudikan motor.
  • Meletakkan HP di alas besi yang panas.
  • Menaruh HP di kompartemen mobil yang panas.
  • Menggunakan HP di dekat perapian.

Lingkungan yang panas akan membuat ponsel cepat panas. Itu sifat alami dari perpindahan panas.

Solusi #9:

Jauhkan ponsel dari lingkungan panas.

10. GPS, Bluetooth, WLAN dan Sync selalu nyala

Perangkat GPS, Bluetooth, WLAN dan Sync merupakan fitur penting yang ada di HP Samsung A12. Namun, apabila fitur ini menyala secara terus-menerus dan tidak kamu matikan maka ponsel akan cepat panas. Ini karena mesin HP dipaksa untuk bekerja non-stop untuk menyalakan GPS, Bluetooth, WLAN dan Sync secara bersamaan.

Kalau hanya WLAN saja tanpa kamu pakai untuk mengakses internet, itu nggak begitu bikin panas ponsel. Tapi, kalau semua fitur tersebut aktif sepanjang waktu, dan kamu melakukan multitasking apps, ponsel pasti cepat panas.

Solusi #10:

Matikan fitur GPS, Bluetooth, WLAN dan sync setelah tidak kamu pakai. Nyalakan saat dibutuhkan dan matikan saat sudah tidak digunakan.

Itulah 10 penyebab Samsung A12 cepat panas. Jika boleh kami simpulkan ada 3 faktor utama, yaitu mal fungsi perangkat, ponsel melakukan multitasking yang berlebihan dan kondisi lingkungan di luar ponsel terlalu panas. Tips mencegah Samsung A12 agar tidak cepat panas, di antaranya:

  1. Segera ganti perangkat yang rusak.
  2. Kurangi aplikasi yang berjalan otomatis di belakang layar.
  3. Pilih mode pengaturan hemat daya.
  4. Pastikan menaruh ponsel di tempat yang sejuk/dingin.
  5. Hindari bermain game/menonton video dalam durasi panjang.

Punya keluhan lain? Tulis permasalahanmu pada kolom komentar di bawah. Nanti, kami akan segera mencarikan solusinya.

Previous Article

10 Kebiasaan Penyebab Hp Rusak Wajib Diketahui

Next Article

Cara Mengubah PDF Ke Word di Hp

Tinggalkan komentar