Penyebab HP Samsung A12 Mati Sendiri

Artikel ini membahas secara lengkap 7 penyebab HP Samsung A12 mati sendiri.

Jika kamu ingin tahu:

  • Penyebab HP Samsung A12 tiba-tiba mati dan layarnya hitam.
  • Cara mengatasi HP Samsung A12 yang mati sendiri.
  • Tips mencegah HP Samsung A12 mati mendadak.

Maka, kamu pasti menyukai pembahasan dari artikel ini.

Catatan: Samsung A12 merupakan HP low-end dari merek Samsung. Biarpun, harganya relatif murah, tapi produk ini bukan murahan. Kalau nggak percaya, kamu bisa review Samsung A12 di sini terlebih dahulu. Jadi, saat Samsung A12 milikmu tiba-tiba mati, tidak bisa dicharge jangan langsung menganggap HP ini cacat produksi ya. Karena mungkin saja, ada kebiasaan buruk kamu yang jadi penyebab HP rusak.

Mulai penasaran? Yuk, langsung ke pembahasannya. Let’s dive in!

7 penyebab HP Samsung A12 mati sendiri

Ada beberapa penyebab HP Samsung A12 mendadak mati sendiri. Mulai dari kesalahan pemakaian, overheat hingga terjadi kerusakan chipset. Untuk lebih jelasnya, simak pembahasan di bawah ini:

Penyebab #1: HP terlalu panas

Samsung A12 memiliki batas toleransi suhu panas di dalam perangkat ponselnya. Jika kamu menggunakan HP secara berlebihan, sistem pengaman Samsung A12 akan secara otomatis mematikan ponsel karena terjadi overheat.

Toleransi suhu body ponsel yang mampu ditanggung oleh Samsung A12 sekitar 40-50 derajat Celcius. Jika lebih dari itu, ponsel Samsung A12 bisa mendadak mati. Jika overheat terjadi secara terus-menerus, beberapa socket IC dan chipset bisa mengalami kerusakan.

Beberapa perilaku buruk pengguna yang menyebabkan Samsung A12 overheat, di antaranya:

  • Bermain game offline maupun game online secara terus-menerus tanpa jeda dalam waktu lama.
  • Menonton video YouTube/Netflix selama berjam-jam sambil HP dicharge.
  • Menjalankan banyak aplikasi berat secara bersamaan tanpa melakukan manajemen storage dan RAM ponsel.

Solusi #1:

  • Diamkan HP dalam kondisi selama 5-10 menit lalu nyalakan ulang Samsung A12.
  • Batasi waktu bermain game mobile di Samsung A12. Misalnya, main game selama 30 menit, setelah itu istirahat 5-7 menit. Baru nanti main lagi.
  • Jangan menonton video dalam durasi panjang. Maksimal 40 menit saja.
  • Hindari menjalankan banyak aplikasi berat secara bersamaan. Lakukan pengelolaan pemakaian storage dan RAM dengan baik.

Penyebab #2: Efek samping melakukan rooting

Bagi yang belum tahu, rooting HP adalah sebuah tindakan untuk mendapatkan akses penuh mengatur semua aktivitas di HP. Untuk kasus Samsung A12, kebanyakan sih tujuan melakukan rooting untuk menggunakan ROM original ke custom ROM.

Catatan: Custom ROM adalah sistem operasi bawaan yang telah dimodifikasi oleh para fans. Modifikasi yang dilakukan bisa berupa mengganti tampilan atau menambahkan fitur tertentu.

Banyak kelebihan dan kekurangan melakukan sebuah rooting. Kelebihannya seperti, mempunyai hak akses penuh terhadap HP khususnya Samsung A12. Bebas menggunakan aplikasi pihak ketiga tanpa pencegahan. Kemudian untuk kekurangan tentu saja masa garansi akan hilang, riskan terhadap virus, dan bahkan bisa mati sendiri saat melakukan kustomisasi.

Bagi seorang pemula, mengikuti tutorial rooting Samsung A12 di internet sangatlah mudah dan sangat jarang mati sendiri. Namun, yang menjadikan Samsung A12 mati sendiri bukanlah proses rooting-nya melainkan kustomasi yang dilakukan dengan menggunakan akses root. Sebagai contoh, penggunaan custom ROM atau pemasangan TWRP.

Lalu, bagaimana cara mengatasi Samsung A12 dari efek samping penggunaan rooting?

Solusi #2:

Jika HP Samsung A12 kamu mati sendiri, stuck saat dinyalakan namun masih bisa untuk mengisi daya. Kamu bisa melakukan flashing HP menggunakan ROM bawaan Samsung. Cara ini sedikit lebih rumit dan berisiko untuk pemula. Namun, jika kamu berhasil maka Samsung A12 akan kembali bisa digunakan.

Penyebab #3: Terjadi masalah pada aplikasi

Selain efek samping melakukan rooting, ada juga kasus error pada aplikasi hingga menyebabkan HP mati sendiri. Aplikasi yang crash menyebabkan fungsi ponsel terganggu, sehingga ponsel bingung dalam mengeksekusi perintah.

Pada tahap awal, ponsel hanya mengalami delay dan freeze. Tapi, dalam kasus berat, HP Samsung A12 bisa mengalami crash dan mati sendiri.

Solusi #3:

Segera temukan aplikasi yang menyebabkan error dan crash di HP Samsung milikmu. Kalu bisa diperbaiki ya diperbaiki. Kalau nggak bisa, langsung hapus saja aplikasinya. Pastikan, sebelum kamu menghapus aplikasi yang bikin error tersebut, kamu wajib melakukan backup data terlebih dahulu. Jaga-jaga saja kalau nanti terjadi crash lebih parah.

Penyebab #4: Ada virus berbahaya yang menyusup ke dalam ponsel

Virus adalah sebuah program jahat yang berfungsi untuk mencuri data, merusak sistem dan mengganggu kinerja ponsel. Beberapa virus yang menginfeksi smartphone bisa menyebabkan HP error dan mati mendadak.

Berikut beberapa virus smartphone yang perlu kamu waspadai, di antaranya:

  • Shedun, Shuanet dan ShiftyBug.
  • Android PowerOffHijack.
  • Stagefright.
  • Obad.
  • Hipposms.
  • Drsheep.
  • BaseBridge.
  • Battery-A.
  • DroidDream.
  • Plankton.

Jika smartphone kamu terinfeksi virus tersebut, kamu sebaiknya harus segera mengatasinya. Kalau tidak, virus tersebut akan menyerang aplikasi, sistem operasi dan berbagai data sensitif di dalam ponselmu. Kasus terburuk, HP Samsung A12 milikmu akan mati total.

Solusi #4:

  • Hindari berselancar di dalam situs ilegal dan berbahaya. Jangan membuka link mencurigakan di email, di sosial media atau di internet. Selalu melakukan pembersihan cache dan scan virus minimal 1 bulan sekali.
  • HP Samsung A12 saya sudah terlalu terkena virus, apa solusinya? Segera scan HP menggunakan anti virus premium. Setelah itu, backup semua data penting yang ada di ponsel ke dalam laptop/PC. Jika belum menyelesaikan masalah segera install ulang sistem operasi ponselmu. Case resolved!

Penyebab #5: Kondisi baterai drop

Secara analisis, performa baterai HP akan menurun setelah pemakaian 2 tahun. Hal ini wajar karena baterai lithium polymer (Li-Po) memang akan mengalami penurunan performa.

Yang jadi masalah adalah pengguna tidak menyadari fakta tersebut. Dan kalau pun tahu, mereka lebih senang mengacuhkannya.

Di dalam benak mereka, selama HP masih bisa dicharge kenapa harus mikirin baterai? Biar saja sampai baterai sekarat baru ganti.

Okay, itu sah-sah saja. Tapi, kalau mendadak HP low-battery dan drop dari 50% ke 0% jangan kaget ya. Terlebih kalau saat dipakai buat kondisi penting HP mendadak mati.

Lho, nggak mau? Haha.

Gini, lho! Baterai yang performanya telah menurun tidak bisa lagi melepaskan daya secara perlahan dan konsisten. Kadang daya baterai keluar dengan sangat deras. Kadang langsung habis.

Nah, pelepasan daya baterai dalam jumlah besar secara tiba-tiba inilah yang membuat HP mati mendadak. Beberapa orang menyebutnya, HP Samsung A12 ngedrop. Ada juga yang bilang, baterai HP Samsung A12 bocor.

Apa pun penyebutannya, intinya, baterai yang performanya turun bisa menyebabkan HP Samsung A12 mati mendadak.

Solusi #5:

Periksa umur baterai HP Samsung A12 milikmu. Sebagai patokan, saat baterai berumur lebih dari 2 tahun, performa baterai akan menurun. Dan saat baterai berumur 3-5 tahun, baterai HP akan sering ngedrop dan bikin HP mendadak mati. Jika baterai Hp Samsung A12 sudah sering ngedrop dan tiba-tiba mati, segera ganti baterai baru.

Penyebab #6: Terjadi korsleting

Kerusakan yang ditimbulkan dari sistem operasi, root, dan aplikasi bisanya tidak langsung menyebabkan mati total. Tapi, kalau terjadi korsleting di dalam perangkat Samsung A12, HP kamu bisa mati seketika.

Hal ini karena baterai tidak bisa mengalirkan daya ke prosesor dan prosesor tidak bisa menjalankan sistem HP untuk menyalakan HP.

Beberapa kejadian yang sering menyebabkan terjadinya korsleting pada HP, di antaranya:

  • HP Samsung A12 kemasukan air. Entah karena HP terjatuh di pantai, got, kolam renang, kehujanan atau ketumpahan minuman. Intinya, air dapat menyebabkan korsleting pada perangkat elektronik di dalam HP.
  • HP Samsung A12 mengalami overheat dalam waktu lama. HP yang bekerja terlalu keras dalam waktu lama dapat menyebabkan perangkat elektronik di dalam HP panas. Pada suhu tertentu, panas di dalam HP dapat merusak komponen lainnya. Sehingga, memicu terjadinya korsleting.
  • Salah memasang perangkat elektronik di HP. Beberapa teknisi pemula ada yang sering salah menyolder atau terbalik dalam memasang IC. Akibatnya, terjadi kesalahan aliran arus listrik di dalam perangkat HP. Kesalahan fatal tersebut menyebabkan korsleting.

Karena korsleting di dalam perangkat HP terjadi secara cepat dan menimbulkan kerusakan instan maka HP kamu bisa mati seketika. Layar hitam, nggak bisa dicharge dan nggak bisa menyala biarpun sudah ditekan tombol power dalam waktu lama.

Solusi #6:

Untuk kasus HP yang mengalami korsleting, kamu wajib meminta bantuan tukang service HP. Karena nantinya, kamu perlu memperbaiki dan mengganti beberapa bagian HP yang rusak akibat korsleting.

Penyebab #7: IC eMMC rusak

Penyebab HP Samsung A12 mati sendiri yang terakhir karena IC eMMC rusak. IC eMMC (Embedded Multi Media Controller) adalah perangkat HP yang berfungsi sebagai otak media penyimpanan ponsel Android dan modul controler.

Jika eMMC HP Samsung A12 kamu rusak, HP kamu akan mengalami mati total. Bisa dicharge, tapi nggak bisa nyala. Mau masuk factory reset juga nggak bisa. Pokoknya, HP jadi ngeblank, layar hitam dan mati total.

IC eMMC memiliki kemampuan read & rewrite dalam nominal tertentu. Sehingga, jika kamu menggunakan HP secara normal, IC eMMC akan melemah saat usia HP sekitar 5-7 tahun. Dan akhirnya, IC eMMC yang kehabisan kuota read & rewrite akan rusak.

Tapi, HP Samsung A12 saya masih baru, harusnya masih bagus dong?

Iya, harusnya masih bagus.

Tapi, kalau kamu sering gonta-ganti ROM HP, installuninstall aplikasi/game, ngoprek HP secara hardcore maka masa hidup eMMC pendek.

Berikut beberapa ciri IC eMMC melemah, di antaranya:

  • Gagal flashing.
  • Gagal upgrade ROM.
  • Gagal WIPE atau Factory Reset.
  • Gagal install aplikasi secara terus menerus.
  • Gagal menyala (bootloop).

Kalau IC eMMC sudah melemah, sebaiknya kamu segera melakukan backup semua data penting di HP Samsung A12 milikmu. Karena HP kamu bisa mendadak mati dan tidak bisa nyala lagi.

Solusi #7:

Solusi untuk HP Samsung A12 yang mati mendadak karena kerusakan IC eMMC adalah mengganti IC eMMC baru. Bawa saja HP kamu ke tukang service HP yang andal di daerahmu. Nanti, IC eMMC lama akan dilepas dan diganti dengan IC eMMC baru. Setelah itu, HP Samsung A12 kamu akan di install ulang ROMnya. Harga ganti IC eMMC mulai dari Rp250.000-600.000. Tergantung keahlian jasa service HP di kotamu.

Itulah 7 penyebab HP Samsung A12 mati sendiri dan cara mengatasinya. Kamu punya cara yang lebih praktis dari solusi di atas? Silakan berbagi pengalamanmu memperbaiki HP Samsung A12 mati mendadak melalui kolom komentar di bawah.

Previous Article

7 Perbedaan Samsung A12 dan A22 (Terlengkap)

Next Article

10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C15 (Terlengkap)

Tinggalkan komentar