Kelebihan dan Kekurangan Vivo Y30

Lagi bingung cari smartphone kece dengan baterai yang tahan seharian? Well, di jaman sekarang ini kebutuhan akan Hp dengan daya tahan lebih dari 12 jam adalah hal wajib. Mungkin Y30 bisa menjadi pilihanmu. Memang bukan yang teranyar, tapi speknya cukuplah untuk memenuhi keinginanmu.

Tapi sebelum itu, mari kita bongkar apa saja kelebihan dan kekurangannya. Berikut kami bocorkan juga spesifikasi lengkap dan harga Vivo Y30 terbaru 2022.

Spesifikasi Vivo Y30

Nah, sebelum lanjut, kita intip dulu tabel spesifikasi lengkap ponsel besutan Vivo dari lini Y Series, yuk:

KeteranganSpesifikasi Vivo Y30
Dimensi162 X 76,5 X 9,1 mm
Berat197 g
Ukuran Layar6,47 inci
Resolusi Layar720 X 1560 piksel, 19.5:9 ratio
Tipe LayarLCD IPS
Bahan RangkaDepan kaca, belakang plastik, frame plastik
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA / LTE
Sistem OperasiAndroid 10, Funtouch 10.0
ChipsetMediatek MT6765 Helio P35 (12nm)
CPUOcta-core (4X2.35 GHz Cortex-A53 & 4X1.8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
Slot KartumicroSDXC (dedicated slot)
Memori Internal / RAM128GB / 4GB RAM, 128GB / 6GB RAM, sudah mendukung eMMC 5.1
Kamera Belakang (Quad Camera)13 MP, f/2.2, (wide), PDAF, 8 MP, f/2.2, (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm, 2 MP, f/2.4, (macro), 2 MP, f/2.4, (depth), Video [email protected], LED Flash, HDR, Panorama
Kamera Depan (Selfie)8 MP, (wide), Video [email protected]
FiturFingerprint (sisi belakang), accelerometer, proximity, compass, Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 5.0, A2DP, LE, GPS dengan A-GPS, GLONASS, BDS, FM Radio, USB Type-C 2.0, USB On-The-Go
BateraiLi-Po 5000mAh, non-removable
Pengisi DayaCharging 10W
WarnaDazzle Blue, Emerald Black, Moonstone White

Gimana, makin terpesona setelah tahu spesifikasi Vivo Y30, kan? Ayo, let’s go ke menu utamanya!

Kelebihan Vivo Y30

Kapasitas baterai yang mumpuni

Baterai Vivo Y30

Vivo Y30 disebut-sebut sebagai produk istimewa dengan beragam fitur luar biasa. Salah satunya baterai jumbo. Seperti kamu tahu, sang vendor menyematkan baterai Li-Po 5000 mAh di dalam perangkat canggih ini. Baterai Y30 diklaim bisa bertahan 9 jam untuk nge-game, lho.

Yah, ada juga yang menyebutkan bahwa daya tahan baterai Y30 cuma 6 jam doang. Apalagi kalau digunakan non-stop untuk main game online. Belum lagi dibutuhkan waktu lama untuk mengisi penuh daya mengingat kecepatan pengisiannya sebesar 10W saja.

Meski begitu, jika menilik dari percobaan yang dilakukan pada Vivo Y30 ditemukan hal-hal menarik, yaitu:

  • Hp Vivo Y30 bisa tahan hingga 14 jam untuk nonton atau streaming video dengan beberapa syarat, seperti:
  • Wi-Fi dalam kondisi mati.
  • Volume maksimal.
  • Pencahayaan 50%.
  • Daya baterai Hp Vivo Y30 cuma berkurang 30% saja ketika digunakan untuk:
  • scrolling medsos, atau
  • main PUBG Mobile selama 4 jam.

Terdapat fitur AI Quad Camera

Kamera Vivo Y30

Seiring dengan semakin populernya kegiatan vlogging atau tren berbagi video pendek, konsumen butuh Hp dengan kamera canggih. Itulah sebabnya, produsen smartphone asal Tiongkok ini menghadirkan konfigurasi AI Quad Camera pada Y30 yang tersemat di bodi belakang.

Ada pun keempat kamera yang dimaksud adalah lensa utama dengan resolusi 13 MP, didampingi lensa ultrawide 8 MP. Kemudian tak ketinggalan dua kamera tambahan, yakni sensor macro dan depth, yang masing-masing beresolusi 2 MP.

Yang menarik dari kamera utama Vivo Y30 adalah kemampuannya menghasilkan gambar panorama dengan keluasan 108 derajat. Bukan cuma itu, ponsel rilisan tahun 2020 ini juga bisa mengambil gambar close-up serta memberikan efek bokeh.

Desain yang elegan dengan Display Ultra O Screen

Layar Ultra 0 Screen

Satu lagi kelebihan dari Vivo Y30 yang bikin konsumen jatuh hati, desainnya elegan. Dari ujung ke ujung, bodi Y30 memang terkesan begitu menggoda. Pada pelat kamera utamanya, kamu bisa merasakan relief yang mewah.

Bergeser ke bagian depan, desain Vivo Y30 tidak kalah menarik dengan teknologi Display Ultra O Screen. Gaya desain ini sangat berpengaruh pada tampilan layar, di mana bezel tak lagi terlalu tebal. Kamu tak akan melihat lapisan pelindung Gorilla Glass di bagian layar. Sebagai gantinya, perangkat ini dibekali layar LCD IPS 6,47 inci dengan resolusi HD+. Selain itu, untuk meningkatkan pengalaman mobile, Y30 dibekali aspect ratio 19.5:9 dengan screen-to-body ratio sebesar 90,7%.

Well, memang spesifikasi layar Vivo Y30 ini terbilang oke di kelasnya. Sayangnya kalau kamu menginginkan performa terbaik untuk main game, dapur pacu ponsel ini kurang bisa diandalkan. Selengkapnya, cek di daftar kekurangan Vivo Y30, ya.

Media penyimpanan yang cukup lega

Kapasitas Memori Vivo Y30

Vivo Y30 hadir dalam dua pilihan RAM, yakni 4GB dan 6GB. Dengan media penyimpanan yang tergolong lega, kamu tidak perlu ragu memilih smartphone besutan Vivo untuk memenuhi kebutuhan. Dengan RAM yang besar, buka aplikasi atau main game-game online berukuran besar nggak makan banyak waktu, deh.

Selain RAM yang besar, ponsel dari lini Y Series juga dibekali ruang memori internal super luas di angka 128GB.

Tidak cuma itu, memori internal Y30 dibekali teknologi eMMC (embedded Multimedia Card) 5.1. Jadi, kamu bisa memaksimalkan ruang penyimpanan dengan menyematkan microSDXC di slot yang tersedia.

Perlu diketahui, tipe memori ini sudah sangat umum digunakan pada banyak smartphone kelas atas dan menengah keluaran terbaru. Adapun keunggulannya adalah kemampuan menampung data lebih besar dengan kecepatan yang bisa dibilang tinggi untuk transfer data. Kecepatan tulis tipe 5.1 sebesar 125 MBps dengan kecepatan baca seperti eMMC 5.0, yakni 250 MBps.

Kekurangan Vivo Y30

Belum dibekali fast charging

Kekurangan Vivo Y30 Fast Charging

Ini dia, nih, yang cukup disayangkan. Seperti disebutkan sebelumnya, Vivo Y30 dibekali baterai jumbo yang tahan dipakai seharian. Tapi hal itu tidak dibarengi dengan teknologi fast charging. Untuk kecepatan pengisian daya baterai Y30 terbilang standar, yakni 10W.

Lalu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya baterai Vivo Y30? Mengisi daya dalam kondisi baterai 0%, kamu harus menunggu setidaknya 3 jam 33 menit hingga terisi penuh. Poin ini mengurangi nilai tambah yang dimiliki Vivo Y30 sebagai Hp canggih. Tapi meskipun demikian, daya tahan baterainya cukup lumayanlah untuk penggunaan wajar.

Resolusi layar masih menggunakan HD+

Hal lain yang bikin konsumen berpikir ulang sebelum membeli Vivo Y30 adalah layarnya masih menggunakan resolusi HD+. Padahal, kalau dilihat dari range harga, ponsel sekelas Rp 2 jutaan seharusnya sudah dibekali panel OLED atau AMOLED. Layar dengan panel LCD IPS ini biasa ditemukan pada smartphone kelas entry.

Coba bandingkan dengan Vivo S1 yang memiliki banderol harga di kisaran Rp 2 jutaan sudah hadir dengan panel Super AMOLED.

Perlu kamu ketahui, Hp dengan resolusi layar LCD IPS HD+ bisa mengurangi pengalaman gaming atau menonton jadi tidak maksimal. Pasalnya, meski Dark Mode diaktifkan, layar Y30 masih mengeluarkan cahaya. Hal ini berarti, kontras warna yang dihasilkan Vivo Y30 tidak sebaik Hp dengan layar OLED atau AMOLED.

Performa yang masih terasa kurang

Kekurangan Vivo Y30 Perfoma

Kurang bertenaganya performa dapur pacu Y30 juga membawa kekecewaan besar bagi penggemar sejati Vivo. Dibekali dengan chipset dari Mediatek MT6765, yakni Helio P35 (12nm), kamu tidak boleh berharap terlalu tinggi pada kinerja Y30. Terutama jika kamu hobi main game-game online dengan pengaturan grafis tertinggi.

Sekilas info saja, nih, Helio P35 itu setara dengan chipset Snapdragon 625. Seharusnya, untuk Hp di rentang harga Rp 2 jutaan, Vivo Y30 sudah dibekali dalaman setara Snapdragon 665.

Well, meski begitu sebenarnya kamu bisa, kok, memainkan game PUBG Mobile dengan Vivo Y30. Hanya saja kamu diharuskan mengatur grafis pada Balance. Sementara untuk pengaturan frame rate maksimalnya cuma sampai medium saja.

Nah, setelah tahu kelebihan dan kekurangan Vivo Y30, makin tertarik memiliki Hp ini, kan? Tapi, berapa, sih, harga Hp Vivo Y30 di pasaran sekarang? Yuk, baca terus sampai akhir!

Harga Vivo Y30

Sekarang waktunya membahas soal harga Vivo Y30, nih. Hadir sebagai pelengkap keluarga di lini Y, Vivo Y30 dilepas ke pasaran dengan banderol di kisaran Rp 2 jutaan. Meski termasuk Hp kelas menengah, smartphone ini menawarkan berbagai keunggulan saat dirilis pada Mei 2020. Yah, walau pun beberapa tahun belakangan ini konsumen ponsel dimanjakan dengan pilihan Hp keluaran terbaru yang lebih beragam. Selain itu, harganya pun jauh lebih terjangkau. Tapi Vivo Y30 masih layak untuk dipinang, kok.

Berikut harga Vivo Y30 saat peluncuran perdana di Indonesia:

  • Harga Vivo Y30 (128GB / 4GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp2.799.000
  • Harga Vivo Y30 (128GB / 6GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp 3.199.000

Daftar harga di atas itu harga ketika peluncuran pertama di Indonesia, ya. Setelah hampir 2 tahun, tentu adalah hal yang wajar jika ponsel mengalami penurunan harga. Jika dilihat dari situs resmi Vivo, perbandingan harga saat rilis dan sekarang, terjadi penyusutan sekitar Rp 100 ribu untuk masing-masing varian.

Berikut daftar harga terbaru smartphone Vivo Y30 di pasaran Indonesia:

Varian Vivo Y30KondisiDetail Harga
Harga Vivo Y30 (128GB / 4GB RAM)BaruRp2.699.000
Harga Vivo Y30 (128GB / 6GB RAM)BaruRp3.099.000
Harga Vivo Y30 (128GB / 4GB RAM)BekasRp1.550.000
Harga Vivo Y30 (128GB / 6GB RAM)BekasRp1.560.000

Catatan: Harga Vivo Y30 bisa sewaktu-waktu berubah karena terjadi lonjakan atau penurunan supply & demand di pasar smartphone di Indonesia.

Kesimpulan

Bagaimana, nih, setelah membongkar dan mengulik kelebihan dan kekurangan Vivo Y30? Makin yakin untuk membeli Vivo Y30 atau malah urung?

Well, kalau kamu mencari smartphone dengan daya tahan baterai seharian, tentu tidak ada salahnya memilih Vivo Y30. Tapi jika kamu berharap Hp dengan dapur pacu jempolan, sebaiknya pikir-pikir dulu, deh.

Kalau menurut kami, Vivo Y30 cukup lumayan untuk penggunaan normal sehari-hari. Kamu, gimana?

Previous Article

10 Kelebihan dan Kekurangan realme GT Neo2 (Terlengkap)

Next Article

10 Kelebihan dan Kekurangan Samsung A52s 5G (Terlengkap)

Tinggalkan komentar