Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy M31

Sebagai salah satu merek Hp terkenal saat ini. Samsung kembali meluncurkan produk Hp baru di kelas menengah. Produk tersebut adalah Samsung Galaxy M31. Smartphone ini sebenarnya memiliki banyak kelebihan dibanding kekurangannya.

Baterai yang diberikan lumayan besar sekitar 6000 mAh. Hp ini sudah menggunakan quad camera. Masih kurang? Ada layar super AMOLED. Untuk kisaran Hp kelas menengah, Samsung Galaxy M31 tergolong cukup worth it untuk dibeli. Walaupun secara performa Hp ini sama seperti Samsung Galaxy M30s yang hadir pada Oktober 2019.

Tertarik membeli Samsung Galaxy M31? Eits, kamu perlu mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu. Hal ini perlu agar kamu tidak salah memilih smartphone.

Berikut 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy M31:

Catatan: Sebelum kamu membaca kelebihan dan kekurangan, kamu mungkin butuh membaca spesifikasi Samsung Galaxy M31 terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih paham mengenai pembahasan yang akan kami sampaikan.

Mulai penasaran? Yuk, lanjut baca.

Kelebihan Samsung Galaxy M31

1. Baterai 6000 mAh beserta fast charging 15W

Baterai 6000 mAh pada Samsung Galaxy M31
Baterai 6000 mAh pada Samsung Galaxy M31

Hp kelas menengah Samsung memang selalu mempunyai ciri yaitu Baterai 6000 mAh. Tentu, dengan baterai yang besar ini dapat mendukung aktivitas kamu seharian. Menurut Samsung, Samsung Galaxy M31 akan bertahan dalam 3 kondisi, yaitu:

  • Memutar video terus menerus akan bertahan selama 26 jam.
  • Melakukan panggilan suara bisa mencapai 51 jam.
  • Memutar musik berulang-ulang bisa bertahan 119 jam.

Melansir dari tek.id, ada beberapa pengujian untuk membuktikan klaim Samsung tersebut.

  • Menonton video streaming Youtube dengan tingkat kecerahan 50% selama 1 jam 30 menit akan mengurangi baterai sebanyak 6%.
  • Memainkan PUBG Mobile dalam kondisi baterai 100% selama 1 jam. Baterai Samsung Galaxy M31 akan berkurang sebanyak 9%. Kemudian jika memainkan sampai 2 jam akan berkurang sebanyak 20%.

Menurut kami, ini cukup irit untuk Hp Samsung di kelas menengah. Apalagi telah didukung fitur fast charging 15W. Dapat melakukan pengisian daya dari 0% ke 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam 48 menit.

2. Sudah menggunakan layar super AMOLED HD+

Perbedaan resolusi layar pada sebuah smartphone
Perbedaan resolusi layar pada sebuah smartphone

Sudah selayaknya Hp Samsung kelas menengah diberikan layar yang bagus. Samsung Galaxy M31 dibekali layar Super AMOLED dengan resolusi FHD+ (1080 x 2340 piksel). Layar Samsung Galaxy M31 menggunakan display 6,4 inci dengan rasio body ke layar mencapai 91%. Samsung mengusung konsep Infinity U Display pada sisi depan smartphone. Kelebihan ini akan menguntungkan kamu yang ingin menonton video dengan kualitas terbaik namun tetap nyaman di genggaman tangan.

Catatan: Teknologi Super AMOLED adalah nomor dua dari panel smartphone terbaik saat ini. Super AMOLED dapat memberikan responsif, ketajaman dan kontras yang tinggi.

3. Quad camera dengan kamera utama 64MP

Quad camera pada Samsung Galaxy M31
Quad camera pada Samsung Galaxy M31

Suka hobi foto-foto atau mengambil video? Samsung Galaxy M31 menyediakan 4 buah kamera.

  • Kamera utama 64 MP yang sudah mendukung auto focus, HDR dan panorama.
  • Kamera ultrawide sebesar 8 MP dengan jangkauan FOV (field of view) sebesar 119 derajat.
  • Kamera macro sebesar 5 MP dengan jarak 4 cm.
  • Kamera depth sebesar 5 MP.

Cukup mengagumkan, bukan? Hanya dengan teori mungkin kamu tidak akan percaya. Berikut contoh pengambilan foto menggunakan Samsung Galaxy M31.

Pengambilan foto dengan ultrawide (kredit: Samsung)
Pengambilan foto dengan ultrawide (kredit: Samsung)
Penggunaan lensa macro (kredit: BolaMadura)
Penggunaan lensa macro (kredit: BolaMadura)

Tidak hanya berhenti pada pengambilan gambar saja. Dalam pengambilan video, Samsung Galaxy M31 dapat merekam sampai [email protected] Kurang puas? Ada fitur ultrasteady dari Samsung untuk menahan guncangan saat merekam. Jadi kamu bisa menahan budget untuk tidak membeli gimbal.

4. Sudah dibekali dengan Android versi 10

Android 10 dengan antarmuka One UI 2
Android 10 dengan antarmuka One UI 2

Salah satu daya tarik utama dari Hp ini berada pada sistem operasi yang digunakan. Samsung Galaxy M31 sudah menggunakan Android versi 10. Di mana salah satu fitur dari Android 10 adalah mode gelap atau dark mode. Hal ini di klaim mampu meningkatkan performa baterai.

Lalu dalam masalah antarmuka, Samsung memberikan Samsung Galaxy M31 dengan One UI 2. Salah satu fitur andalan One UI 2 adalah pada screen recorder yang sudah di masukan dalam setelan Hp. Jadi kamu tidak perlu mengunduh perekam layar tambahan.

5. Datang dengan varian penyimpan dan RAM besar

RAM besar maka semakin banyak aplikasi yang bisa di buka secara bersamaan. Samsung Galaxy M31 secara global terdapat 3 varian yaitu 64 GB/6 GB RAM, 128 GB/6 GB RAM, 128 GB/ 8 GB RAM. Namun saat Hp ini masuk ke Indonesia hanya diberikan varian 128 GB/ 6 GB.

Sebenarnya varian yang masuk ke Indonesia ini termasuk oke. Dengan RAM 6 GB dengan penyimpanan 128 GB setidaknya kamu bisa merekam dan mengedit video casual sudah cukup mumpuni. Namun jika ingin varian tertingginya tentu, kamu perlu membeli Hp ini di luar negeri ya.

Kekurangan Samsung Galaxy M31

1. Performa yang tidak meningkat secara signifikan

Kemampuan dari Exynos 9611
Kemampuan dari Exynos 9611

Sebelumnya kami telah menyinggung bahwa Samsung Galaxy M31 merupakan penerus dari seri Galaxy M30s. Pada seri sebelumnya menggunakan Exynos 9611. Kemudian pada seri Galaxy M31 juga memakai hal yang sama. Tentu bagi kamu yang pencari performa akan lebih memilih versi sebelumnya karena performa sama tapi lebih murah.

Bagi kamu yang suka dengan chipset Snapdragon. Exynos 9611 ini akan mirip dengan tipe Snapdragon 665. Masih cukup memadai untuk smartphone di sekitar tahun 2020-2023. Pada PUBG MOBILE bisa menggunakan pengaturan smooth extreme. Chipset yang digunakan ini tidak buruk cuma tidak ada peningkatan dari versi Hp sebelumnya.

2. Desain yang terlihat kurang menarik

Perbedaan konsep layar smartphone
Perbedaan konsep layar smartphone

Jika kamu melihat dari semua Samsung Galaxy M series sebelum Samsung Galaxy M31 selalu mengusung konsep infinity U Display. Kemudian pada bodi belakang juga memiliki motif yang hampir sama. Hal ini akan membuat kesan membosankan bagi pengguna yang sedang mencari Hp di kelas menengah.

3. Lapisan layar yang masih Corning Gorilla Glass 3

Pengujian layar Samsung Galaxy M31
Pengujian layar Samsung Galaxy M31

Teknologi Corning Gorilla Glass 3 diluncurkan pertama kali pada tahun 2013 dan ini masih diterapkan pada Samsung Galaxy M31 yang diluncurkan di tahun 2020. Menurut kami, Samsung Galaxy M31 sudah harus setidaknya menggunakan Corning Gorilla Glass 5.

Selain Corning Gorilla Glass 5 mulai di produksi tahun 2016. Lapisan layar ini juga mampu mencegah keretakan hingga 80% saat jatuh dari ketinggian 1 meter ke permukaan keras. Seharusnya Samsung memberikan versi yang kelima dibandingkan yang kedua.

4.  Body smartphone yang mudah kotor

Body belakang yang cukup mengkilap
Body belakang yang cukup mengkilap

Pada sisi belakang Samsung Galaxy M31 terbuat dari plastik dengan finishing yang terlihat mengkilap. Dari berbagai review dari internet, finishing ini akan mudah terlihat kotor dari lapisan polish yang luntur terkena jari. Bahkan sampai noda akan mudah membekas karena tekstur yang mudah kotor.

5. Tidak ada fitur NFC

Penggunaan NFC
Penggunaan NFC

Mungkin Samsung belum menargetkan beberapa pasar seperti Indonesia untuk tidak menggunakan NFC pada HP kelas menengah. Kode seri Samsung Galaxy M31 yang masuk ke Indonesia adalah SM-M315F/DS. Kode seri tersebut untuk yang non-NFC. Kemudian untuk kode seri SM-M315F/DSN yang mendukung NFC.

Jadi, cek kembali jika kamu membeli Samsung Galaxy M31, apakah yang sudah mendukung NFC atau tidak. Pasalnya, NFC sendiri memiliki fungsi seperti pengisian saldo e-Toll atau bertransaksi di mesin pembayaran digital. Namun jika kamu ingin mendapatkan fitur NFC, kamu bisa membeli Samsung Galaxy M31 di negara seperti Turkey, United Arab Emirates, dan Saudi Arabia.

Kalau menurutmu sendiri, apakah NFC sudah saatnya harus ditanamkan pada smartphone pada kelas menengah-ke bawah? Yuk, diskusi pada kolom komentar di bawah.

Kesimpulan

Jadi kita masuk ke kesimpulan. Apakah ini worth it untuk di beli atau tidak untuk saat ini? Jawabannya ya tergantung, hehe. Ada tiga sudut pandang yang bisa kamu ambil.

  • Jika kamu mementingkan performa namun harga lebih bersahabat maka Samsung Galaxy M31 tidak cocok untukmu. Kamu bisa membeli versi sebelumnya seperti seri Galaxy M30s.
  • Jika kamu yang hobi memotret atau memvideo, maka Samsung Galaxy M31 akan sangat cocok. Sudah dibekali quad camera dengan fitur foto HDR, AF dan panorama. Sedangkan untuk fitur video sudah bisa merekam sampai [email protected] dengan ultrasteady.
  • Jika kamu suka bepergian dan mengabadikan momen. Baterai dan kamera dari Samsung Galaxy M31 akan sangat mendukung aktivitasmu.

Untuk masalah harga, Samsung Galaxy M31 bukan termasuk Hp yang terlalu mahal jika di lihat dari fiturnya. Namun jika dilihat dari performa, Samsung Galaxy M31 akan terasa overprice dengan versi sebelumnya.

Previous Article

Samsung Galaxy M31

Next Article

Cara Menggunakan TeamViewer

Tinggalkan komentar