Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy A12

Pada penghujung tahun 2020, Samsung secara resmi meluncurkan smartphone baru di Indonesia. Smartphone ini termasuk salah satu produk entry-level di merek Samsung. Walaupun masuk ke jajaran smartphone untuk golongan menengah-ke bawah.

Samsung Galaxy A12 hadir dengan banyak keunggulan, seperti baterai dengan kapasitas besar yang ditunjang dengan 15W fast charging. Tidak hanya itu, bagian belakang terdapat 4 buah kamera untuk menunjang kamu dalam mengabadikan momen yang menarik.

Masih kurang menarik? Harga yang diberikan Samsung untuk produk Samsung Galaxy A12 adalah Rp 2.499.000 untuk varian RAM 4 / 128GB setelah peluncuran. Tentu, saat ini harganya lebih murah lagi.

Sekarang tertarik untuk membeli smartphone ini? Tunggu dulu, diharga segitu pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Mau tau apa? Simak 10 kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A12 berikut ini.

Catatan: Sebelum kamu membaca kelebihan dan kekurangan, kamu mungkin butuh membaca spesifikasi Samsung Galaxy A12 terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu akan lebih paham pembahasan yang kami sampaikan.

Kelebihan Samsung Galaxy A12

1. Desain smartphone premium pada pasar entry level

Desain smartphone A12
Desain smartphone Samsung A12

Langsung di depan saja, desain smartphone Samsung Galaxy A12 ini bagus. Dari sisi depan sudah full display dengan panel IPS. Kemudian terdapat 1 titik di tengah bagian atas untuk modul kamera. Mungkin tidak bezel-less namun sudah memberikan kesan bukan Hp murahan lagi.

Untuk sisi belakang ini sedikit spesial. Samsung menggunakan 2 jenis tekstur. Full menggunakan material polycarbonat dengan susunan 3/4 menggunakan tekstur garis-garis tipis. Kemudian 1/4 bagian bawah menggunakan tekstur polos saja. Penggunaan 2 tekstur ini sangat jarang diberikan pada Hp entry-level. Biasanya diberikan pada Hp kelas midrange.

2. Sudah mengusung Quad Camera 48 MP

Kamera Belakang Samsung Galaxy A12
Kamera Belakang Samsung Galaxy A12

Apabila kamu bosan melihat smartphone dengan triple kamera maka Samsung tambahkan menjadi empat. Kebanyakan? Tidak juga, karena Samsung menghadirkan Quad Camera di kelas entry-level. Biasanya kamu akan menemukan teknologi ini pada kelas midrange.

Oke, selanjutnya kita bahas mengenai kemampuan keempat kamera ini.

  • Terdapat kamera utama 48MP dilengkapi Auto-Focus.
  • Kamera kedua adalah ultra wide 5 MP dengan sudut pandang pengambilan sampai 123o.
  • Kamera ketiga merupakan lensa macro 2 MP.
  • Terakhir kamera keempat untuk lensa depth 2 MP.

Keren kan untuk kemampuan mengambil fotonya. Lalu, bagaimana dengan pengambilan video? Samsung Galaxy A12 sudah bisa melakukan perekaman video dengan resolusi [email protected] . Berikut contoh pengambilan foto menggunakan Samsung Galaxy A12.

Penggunaan lensa ultrawide (kredit: Samsung)
Penggunaan lensa ultrawide (kredit: Samsung)
Penggunaan lensa macro (kredit: Jagat Review)
Penggunaan lensa macro (kredit: Jagat Review)

3. Baterai berkapasitas 5000 mAh yang dilengkapi fitur fast charging

Baterai Samsung A12
Baterai Samsung Galaxy A12

Baterai 5000 mAh di smartphone zaman sekarang bukanlah hal yang baru. Pasalnya smartphone lain seperti Poco X3 Pro sudah memilikinya. Tapi harga yang diberikan Poco X3 Pro jauh lebih tinggi dibanding Samsung Galaxy A12. Tentu saja ini merupakan sebuah keunggulan tersendiri bagi Samsung Galaxy A12.

Oh iya, Samsung Galaxy A12 ini dibekali dengan fitur fast charging 15W ya. Jadi, aman jika harus mengisi baterai 5000 mAh-nya.

Samsung mempunyai klaim bahwa smartphone ini bisa bertahan 109 jam untuk pemutaran audio. Sedangkan untuk penggunaan sehari-hari, produk ini dijamin mampu bertahan sampai sehari penuh.

Apakah itu mungkin? Jawabannya iya klaim Samsung bukan isapan jempol semata.

Melansir dari GSM Arena, mereka telah menguji baterai Samsung Galaxy A12 dengan 3 jenis pengujian.

  1. Pertama pengujian pengguna web yang mencapai 16 jam 18 menit.
  2. Kemudian digunakan memutar video berulang-ulang mencapai 15 jam 19 menit.
  3. Terakhir pengujian untuk menggunakan telepon 3G menghasilkan 31 jam.

4. Teknologi side-mounted fingerprint

Teknologi sidik jari samping di Samsung Galaxy A12
Teknologi sidik jari samping di Samsung Galaxy A12

Membuka layar kunci dengan sidik jari di sisi belakang Hp? Sudah biasa. Samsung menghadirkan pemindai sidik jari yang menyatu dengan tombol power pada sisi samping Hp.

Lho kok bisa seperti itu? Ya, tanyakan saja sama pihak Samsung, hehe. Yang jelas inovasi ini mendapatkan komentar positif bagi pengguna Hp.

Sebuah kelebihan tersendiri bagi kamu yang menyalakan Hp dengan ibu jari. Sangat natural, bukan? Menghidupkan perangkat dengan ibu jari sekaligus dilakukan pemindaian sidik jari. Menurut kami ini salah satu pengalaman yang memuaskan.

5. Mempunyai fitur keamanan tambahan

Samsung Knox yang ada di Samsung Galaxy A12
Samsung Knox yang ada di Samsung Galaxy A12

Smartphone ini sudah dibekali dengan fitur keamanan tambahan seperti Samsung Knox.

Apa itu Samsung Knox? Intinya, Samsung Knox adalah fitur keamanan data pengguna Samsung.

Lalu apa bedanya dengan aplikasi Anti virus seperti McAfee? Tujuannya sama yaitu melindungi perangkat namun fungsinya berbeda. Anti virus untuk pencegahan virus sedangkan Samsung Knox untuk pengamanan data pengguna Samsung.

Dalam paket penjualannya Samsung Galaxy A12 secara bawaan sudah diberikan juga aplikasi anti virus McAfee. Jadi Hp kamu akan diberi perlindungan ekstra dalam mencegah virus yang masuk.

Sudah merasa capek? Coba tarik nafas sebentar. Setelah ini akan membahas sisi buruk Samsung Galaxy A12.

Yuk, lanjut baca.

Kekurangan Samsung Galaxy A12

1. Resolusi masih menggunakan HD plus

Perbedaan resolusi gambar
Perbedaan resolusi gambar

Layar sudah oke di 6,5 inci namun masih menggunakan resolusi HD+. Bagi kamu yang suka menonton YouTube, TIkTok atau Netflix dengan resolusi tinggi tentu ini akan sedikit mengganggu.

Hal ini kami rasa dengan harga yang dipatok Samsung Galaxy A12 seharusnya diberikan layar dengan resolusi full HD. Di merek lain dengan harga yang hampir sama dengan Samsung Galaxy A12 sudah mendapatkan resolusi full HD.

2. Chipset yang masih kurang bertenaga

Mediatek Helio P35
Mediatek Helio P35

Jika kamu mencari Hp dengan performa tinggi maka jangan berharap lebih sama Samsung Galaxy A12. Smartphone ini mengusung chipset yang cukup lama yaitu Helio P35. Hasil pengujiannya pun hampir setara dengan Snapdragon 600.

Jadi, jangan berharap banyak jika untuk memainkan game seperti PUBG Mobile apalagi Genshin Impact. Bisa-bisa Hp-nya bisa kepanasan atau mati total. Namun untuk browsing atau chatting masih lumayan enak digunakan.

Chipset Helio P35 ini jika dibedah akan terdapat delapan inti dengan gabungan dari dua klaster ARM Cortex A53. Untuk ukuran smartphone 2 jutaan setidaknya menggunakan chipset Helio seri G70 Octa-core atau Snapdragon 665 agar lebih bertenaga.

3. Tidak tersedia fitur nightmode

Contoh smartphone yang mempunyai fitur nightmode
Contoh smartphone yang mempunyai fitur nightmode

Nightmode / mode malam merupakan salah satu fitur penting dalam pengambilan foto rendah cahaya. Jika kamu mengaktifkan mode malam maka hasil foto yang kamu ambil akan menjadi lebih terang. Sebenarnya proses nightmode ini dilakukan oleh software Hp. Dan fitur ini di Hp 1 jutaan pun ada.

Pada Samsung Galaxy A12 fitur mode malam tidak disediakan. Cukup disayangkan karena sudah menggunakan quad-camera namun tidak ada fitur satu ini. Berasa ada yang kurang dan mudah dibandingkan dengan Hp 1 jutaan.

4. Tidak mendapatkan NFC untuk versi Indonesia

Salah satu fungsi penggunaan NFC
Salah satu fungsi penggunaan NFC

Sebenarnya dalam paket penjualan globalnya, smartphone ini memiliki NFC. Cukup disayangkan apabila region Indonesia tidak mendapatkan fitur tersebut. Padahal sudah ditunjang fitur lain seperti USB tipe-C dan Bluetooth 5.0.

Bagi kamu yang ingin sekali fitur NFC kami sarankan jangan membeli Hp ini. Jika kamu memaksa membeli produk ini yang di region lain akan sedikit mengalami kesusahan. Hal yang akan kamu alami seperti klaim garansi dan kepala charger yang tidak sesuai dengan listrik di Indonesia.

5. Belum di dukung fitur Giroskop

Contoh penggunaan fitur giroskop pada permainan PUBG MOBILE
Contoh penggunaan fitur giroskop pada permainan PUBG MOBILE

Fitur terakhir yang dipangkas oleh Samsung untuk produk Samsung Galaxy A12 adalah Giroskop. Menurut kami ini fitur penting karena akan berpengaruh dalam motion-sensing GUI.

Apa itu motion-sensing GUI ? Intinya, saat Hp mu di miringkan ke sudut mana pun nanti bakal muncul sebuah perintah atau jalan pintas. Ambil contoh kamu memainkan game Temple Run di Hp. Secara normal di layar kamu bisa geser ke kiri / ke kanan. Jika Hp kamu mendukung motion-sensing GUI maka hanya menggoyangkan Hp ke kiri / ke kanan untuk berbelok.

Jadi pikirkanlah lagi, jika kamu mengincar fitur giroskop maka Hp ini bukan direkomendasikan buat kamu.

Kesimpulan

Jadi untuk kesimpulan artikel tentang Samsung Galaxy A12 apakah worth it untuk dibeli atau tidak? Jawabannya worth it.

Tapi jika kamu hanya mempunyai budget untuk kelas menengah ke bawah.

Smartphone ini sangat cocok untuk kamu yang hobi keluar untuk mengabadikan momen. Dengan Quadcamera yang dimiliki, akan menghasilkan foto yang mengesankan. Kemudian dalam pengambilan video juga tidak kalah bagus dengan resolusi [email protected]

Smartphone ini tidak cocok bagi kamu yang suka akan performa. Performa Smartphone ini dibilang masih kurang jika dibandingkan dengan merek lain dengan harga yang kompetitif. Ditambah lagi layar dari smartphone ini belum mencapai resolusi full HD. Jadi, pikirkanlah kembali dan sesuaikan kebutuhan kamu.

Previous Article

Samsung Galaxy A12

Next Article

Samsung Galaxy M31

Tinggalkan komentar