10 Kelebihan dan Kekurangan Realme C15 (Terlengkap)

Pada bulan Juli 2020, Realme kembali hadir dengan produk seri c atau entry level. Tidak tanggung-tanggung, Realme dibulan yang sama merilis 2 produk sekaligus yaitu Realme C11 dan Realme C15. Masih menjadi misteri kenapa Realme berani mengeluarkan produk yang hampir mirip di bulan yang sama. Namun, kami tidak membahas kontroversi itu. Kami akan focus membahas produk Realme C15 saja.

Target pasar Realme C15 ini adalah pasar smartphone kelas bawah. Kamu harusnya sudah paham jika, smartphone kelas bawah pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Pada sisi Keunggulan seperti baterai 6000 mAh dengan fast charging 18W atau terdapat fingerprint dan face unlock. Kemudian ada juga sisi kekurangan selayaknya smartphone kelas bawah. Kekurangan tersebut seperti resolusi layar masih HD+ atau port pengisian daya masih menggunakan micro USB.

Harga yang dipatok Realme untuk seri ini menurut kami sangat terjangkau. Realme C15 berkisar Rp1,999,000 untuk varian terendah 64 GB/3 GB RAM. Cukup murah, bukan? Maka dari itu kami merangkum 10 kelebihan dan kekurangan Realme C15.

Eits tunggu dulu, kamu perlu membaca sekilas mengenai spesifikasi Realme C15 agar lebih paham.

Spesifikasi Realme C15

KeteranganSpesifikasi Realme C15
Dimensi164,5 x 75,9 x 9,8  mm
Berat209 g
Ukuran layar6,5 Inci
Resolusi layar720 x 1600 piksel, 20:9 ratio
Tipe layarLCD IPS
Bahan rangkaDepan kaca, belakang plastik, frame plastik
SIMDual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
JaringanGSM / HSPA /LTE
Sistem OperasiAndroid 10, Realme UI
ChipsetMediaTek Helio G35
CPUOcta-core (4×2,3 GHz Cortex-A53 & 4×1,8 GHz Cortex-A53)
GPUPowerVR GE8320
Slot kartumicroSDXC (dedicated slot)
Memori internal / RAM64 GB/ 3 GB RAM, 64 GB/4 GB RAM, 128 GB /4 GB RAM Sudah mendukung eMMC 5.1
Kamera belakang (triple camera)13 MP, f/2.2 (wide), PDAF, HDR, Panorama 8 MP, f/2.3, 119 derajat (ultrawide) 2 MP, f/2.4 (B/W) 2 MP, f/2.4 (retro) Video [email protected] fps (wide), [email protected] (ultrawide)
Kamera depan (selfie)8 MP, f/2.0 (wide) HDR, panorama Video [email protected]
FiturFingerprint (sisi belakang), accelerometer, proximity, compass. Micro USB, GPS, Bluetooth 5.0, GPS. WiFi 5.0 FM radio, OTG, loudspeaker, 3,5 mm jack.
BateraiLi-Po 6000 mAh, non-removable
Pengisian dayaFast charging 18W
WarnaMarine Blue, Seagull Silver

Sudah membaca sekilas spesifikasi Realme C15? Bagus, let’s go masuk ke topik utama.

Kelebihan Realme C15

1. Baterai yang besar dengan fast charging 18W

Kapasitas baterai 6000 mAh
Kapasitas baterai 6000 mAh

Realme memang tidak segan-segan untuk membuat gebrakan di pasar smartphone entry level. Realme C15 hadir berkapasitas baterai 6000 mAh dengan fast charging 18W. Kamu akan sangat jarang menemukan smartphone kelas bawah yang menggunakan baterai 6000 mAh.

Terus apa fungsinya kalau cuma baterai besar saja? Eits, jangan skeptis dulu. Smartphone ditujukan untuk orang yang mempunyai budget kecil namun sering keluar rumah. Contohnya seperti abang-abang ojol yang menggunakan smartphone saat menerima/mengantarkan pesanan.

Dalam klaim Realme, Realme C15 ini bisa bertahan hampir 2 bulan dalam keadaan stand by. Tidak mengherankan baterai sebesar itu dalam mode stand by bisa mencapai 2 bulan. Lalu dalam pengujian memutar video playback bisa mencapai sekitar 36 jam. Ini baru patut diacungkan jempol. Di pengujian tersebut saja menapai 36 jam apalagi penggunaan standar. Mungkin bisa mencapai lebih dari 2 hari.

Catatan: Dalam pengisian daya, Realme C15 membutuhkan waktu sekitar 3 jam 12 menit dari 0 – 100% dengan fast charging 18W.

2. Desain bodi yang menarik

Bodi belakang Realme C15
Bodi belakang Realme C15

Sekilas Realme C15 ini terlihat elegan saat dilihat. Pada sisi belakang menggunakan pola warna geometric gradient dan dikombinasikan dengan sebuah tekstur. Tentu, tekstur ini akan meminimalkan sidik jari yang menempel. Pantas saja Realme memberikan tagline untuk Realme C15 adalah “Entry-level King”.

Ada dua varian warna yang ditawarkan oleh Realme C15. Ada marine blue yang melambangkan dapat dipercaya dan seagull silver untuk sesuatu yang elegan. Keduanya sangat bagus untuk masalah desain bodi.

3. Terdapat fingerprint dan face unlock

Posisi fingerprint sensor pada Realme C15
Posisi fingerprint sensor pada Realme C15

Pada seri sebelumnya yaitu Realme C11 belum mendukung fingerprint sensor. Namun, pada Realme C15 telah diberikan fitur tersebut. Fingerprint yang diberikan memang belum ditempatkan di bawah layar ataupun di samping. Namun, selayaknya smartphone lain berada di sisi belakang tepatnya bagian atas.

Peningkatan Realme tidak hanya sampai segitu. Dengan memanfaatkan kamera selfie 8 MP pada sisi depan. Realme C15 sudah di bekali secara software dengan face unlock. Cukup canggih untuk smartphone kelas entry level. Hal ini membuat kamu tidak harus susah payah memasukkan pola atau kata kunci. Cukup menaruhkan wajah di depan Realme C15 akan otomatis ke buka sesuai wajah yang telah didaftarkan.

4. Kapasitas penyimpanan cukup besar

Tambahan slot microSD pada Realme C15
Tambahan slot microSD pada Realme C15

Baterai sudah besar dan desain oke. Tidak ketinggalan juga Realme C15 mendapatkan fitur memori internal cukup besar. Pada variannya, Realme C15 memiliki pilihan penyimpanan hingga 128 GB. Kemudian masih bisa diperlebar hingga 256 GB menggunakan microSD. Sungguh besar, bukan?

Catatan: Teknologi penyimpanan internal yang digunakan adalah eMMC 5.1.

5. Bisa menjadi power bank

Jika kamu mengira baterai sebesar 6000 mAh hanya digunakan sendiri itu salah. Berbekal kabel USB OTG, kamu bisa menggunakan reverse charging untuk mengisi baterai smartphone lainnya. Keunggulan ini akan menjadikanmu sebagai penyelamat smartphone teman saat sedang mencari sumber listrik.

Terus cara pengisiannya bagaimana itu? Ya itu, berbekal kabel USB OTG kemudian di hubungkan dengan kabel charger dari perangkat lain. Untuk lebih jelasnya mungkin seperti gambar di bawah ini.

Penggunaan reverse charging pada Realme C15
Penggunaan reverse charging pada Realme C15

Sebenarnya keunggulan lain dari Realme C15 adalah pada quad camera. Namun, hal ini juga menjadi kekurangan dari Realme C15.

Penasaran? Yuk, simak lebih lanjut.

Kekurangan Realme C15

1. Resolusi layar masih menggunakan HD+

Resolusi layar HD+
Resolusi layar HD+

Dengan harga yang ditawarkan oleh Realme seharusnya smartphone ini akan dianggap wajar. Namun bila dibandingkan dengan merek lain seperti Redmi 9 akan berasa kurang. Kekurangan ini akan terasa pada resolusi layar. Realme C15 mengusung resolusi layar 720×1600 piksel atau HD+. Sedangkan Redmi 9 diharga yang hampir sama mendapatkan resolusi layar FHD. Hal ini akan membuat iri pengguna Realme C15.

Resolusi layar HD+ Realme C15 akan menjadi kekurangan jika yang menggunakan suka rebahan nonton video/film. Namun, bagi yang sering keluar seperti abang ojol tidak akan menjadi masalah.

Bagaimana pendapatmu, apakah Realme C15 wajar mendapatkan resolusi layar HD+? Tulis pendapatmu dikomentar.

2. Dua kamera extra yang tidak begitu berguna

Quad camera yang terpasang pada Realme C15
Quad camera yang terpasang pada Realme C15

Sebelumnya di atas sudah kami singgung sedikit mengenai kamera. Ya, Realme C15 menggunakan quad camera. Hal ini sangat bagus tentunya di kelas entry level tapi kita coba lihat lensa apa saja yang digunakan.

  • Pertama, lensa utama 12 MP (wide)
  • Kedua, lensa ultrawide 8 MP
  • Ketiga, lensa hitam putih 2 MP
  • Keempat, lensa “retro” 2 MP

Kamu merasa ada yang aneh? Ya, terdapat dua lensa yang jarang dipakai smartphone lain yaitu hitam putih dan “retro”.

Fungsi dari lensa hitam putih ini untuk memotret dengan aturan hitam putih seperti gambar di bawah ini.

Foto pengambilan lensa hitam putih Realme C15
Foto pengambilan lensa hitam putih Realme C15

Kemudian dari lensa “retro” berguna untuk memberikan efek memotret dengan hasil seperti jepretan foto zaman dulu. Untuk hasil fotonya seperti di bawah ini.

 Foto pengambilan lensa retro Realme C15
Foto pengambilan lensa retro Realme C15

Terus apa yang salah dengan dua lensa tersebut? Sebenarnya saat ini dua lensa tersebut bisa digantikan dengan filter yang dibuat secara software. Jadi, Realme tidak harus menambahkan lensa baru untuk mengurangi harga jual.

3. Perbedaan resolusi saat perekaman wide dan ultrawide

Contoh penggunaan lensa ultrawide
Contoh penggunaan lensa ultrawide

Bagi kamu yang suka merekam sebuah momen tertentu harus pikir dua kali untuk membeli Realme C15. Pasalnya, saat menggunakan kamera utama 12 MP kamu bisa merekam diresolusi [email protected] Namun, jika kamu berpindah ke lensa ultrawide maka berubah ke [email protected] Sedikit timpang jika kamu ingin mengedit video dari perekaman kedua lensa tersebut.

Seharusnya Realme memberikan resolusi perekaman lensa ultrawide sama dengan lensa utama 12 MP. Mungkin dengan menghilangkan lensa hitam putih dan “retro” harusnya bisa atau kamu ada pendapat lain? Silakan tulis dikomentar.

4. Masih menggunakan port micro USB 2.0

Pengisian daya menggunakan port micro USB
Pengisian daya menggunakan port micro USB

Jika kamu hidup di tahun 2017 ke bawah maka masih banyak smartphone yang menggunakan micro USB. Jadi, kamu aman jika lupa membawa kabel data dan ingin memindahkan data antar perangkat. Kamu tinggal pinjam ke teman terdekatmu. Pasti kebanyakan masih menggunakan micro USB.

Sekarang teknologi kabel data sudah berkembang. Kebanyakan smartphone sekarang sudah mendukung port USB Type C. Namun, Realme C15 masih menggunakan tipe port micro USB. Alangkah baiknya Realme untuk mengubah tipe port menjadi USB Type C walaupun kelas entry level.

5. Performa chipset kurang bertenaga

Hasil pengujian chipset Helio G35
Hasil pengujian chipset Helio G35

Seperti layaknya smartphone entry level lainnya pasti akan memiliki chipset yang tergolong rendah. Realme C15 menggunakan chipset Helio G35 dengan manufaktur 12 nm. Jika di ukur dari merek Snapdragon, Helio G35 ini tidak lebih kencang dari Snapdragon 665.

Btw, Chipset Helio G35 ini juga digunakan oleh Redmi 9C. Harga yang dipatok Redmi 9C untuk chipset Helio G35 berkisar Rp1,400,000. Jadi, kamu bisa menilai sendiri bila ingin performanya saja pilih yang mana. Seharusnya sih Realme C15 bisa menggunakan chipset yang lebih bertenaga seperti Helio G80.

Namun bisa buat main PUBG Mobile nggak? Bisa bahkan sudah dibuka untuk grafik smooth extreme. Tapi, setelah dua menit smarpthone akan cepat panas dan frame drop. Kami sarankan jika untuk memainkan seperti PUBG Mobile menggunakan pengaturan terendah agar lebih adem.

Kamu penasaran mengenai harga Realme C15 saat ini? Jika iya, informasi berikut akan sangat membantu kamu.

Yuk, lanjut baca.

Harga Realme C15 kondisi baru & bekas

Bila bicara soal harga, Realme C15 menurut kami cukup kompetitif dengan merek lain seperti Xiaomi, OPPO dan Vivo. Walaupun merek Realme di Indonesia belum setenar merek lain. Namun, Realme berani mematok Realme C15 harga di bawah 2 juta untuk varian terendahnya saat peluncuran pertama di Indonesia. Cukup berani, bukan?

Berikut harga Realme C15 saat peluncuran perdana di Indonesia:

  • Harga Realme C15(64 GB/3 GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp1,999,000.
  • Harga Realme C15(64 GB/4 GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp2,199,000.
  • Harga Realme C15(128 GB/4 GB RAM) saat rilis resmi adalah Rp2,499,000.

Daftar harga di atas merupakan harga saat peluncuran. Tentu, setelah setahun lebih pasti mengalami penyusutan. Layaknya barang elektronik lainnya, penyusutan Realme C15 terbilang stabil. Dari ketiga varian mengalami penyusutan maksimal 100rb.

Berikut daftar harga terbaru dari smartphone Realme C15 di pasaran Indonesia:

Varian Realme C15KondisiDetail harga
Harga Realme C15 (64 GB/3 GB RAM)BaruRp1,850,000
Harga Realme C15 (64 GB/4 GB RAM)BaruRp2,000,000
Harga Realme C15 (128 GB/4 GB RAM)BaruRp2,350,000
Harga Realme C15 (64 GB/3 GB RAM)BekasRp1,450,000
Harga Realme C15 (64 GB/4 GB RAM)BekasRp1,579,000
Harga Realme C15 (128 GB/4 GB RAM)BekasRp1,800,000

Catatan: Harga Realme C15 bisa sewaktu-waktu berubah karena terjadi lonjakan atau penurunan supply & demand di pasar smartphone di Indonesia.

Kesimpulan

Bagaimana setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan Realme C15? Apakah senang atau kecewa?

Menurut kami, kehadiran Realme C15 ini memang bukan ditujukan untuk pengguna yang suka menonton film kualitas tinggi. Walaupun memiliki baterai 6000 mAh yang kuat memutar video playback selama 36 jam. Resolusi layar HD+ akan menjadi masalah utama bagi penikmat video/film. Kemudian sangat tidak disarankan juga untuk bermain game lama-lama. Chipset yang digunakan masih Helio G35.

Realme C15 akan sangat cocok bagi kamu yang mengandalkan daya tahan baterai. Contohnya seperti pekerja lapangan, pegawai asuransi/koperasi, para pedagang atau bahkan ojek online.

Previous Article

Penyebab HP Samsung A12 Mati Sendiri

Next Article

10 Kebiasaan Penyebab Hp Rusak Wajib Diketahui

Tinggalkan komentar